2 Ford EcoSport Bekas Dijual Disini
Kisaran Hargannya:
Rp. 118.000.000 - Rp. 120.000.000
Kisaran Hargannya: Rp. 118.000.000 - Rp. 120.000.000
Ford Ecosport diboyong pertama kali ke Indonesia pada tahun 2014. Saat itu mobil ini menjadi pilihan yang menarik di kelas SUV, bersama dengan Toyota Rush dan Terios. Untuk baca review singkatnya, silakan klik "Read More"...
; di bawah.Dengan tampilan yang cukup unik, Ford EcoSport tetap terlihat menarik hingga sekarang.
Eksterior
Saat dijual di Indonesia, mobil ini tersedia dalam tiga varian, yaitu Trend, Ambiente, dan Titanium.
Sebagai varian tertinggi, tipe Titanium dibekali dengan fitur yang cukup lengkap di zamannya.
Mobil ini merupakan salah satu keluarga Ford yang menggunakan bahasa desain bernama “Ford Kinetic Design”.
Ciri khas desain tersebut adalah terdapat radiator grille trapesium yang cukup besar dengan aksen chrome.
Lalu di atasnya terdapat grille dengan ukuran yang cukup kecil yang dihiasi satu buah bilah berlapis chrome yang memanjang.
Ciri khas lain dari Kinetic Design adalah penggunaan headlamp yang memiliki desain sipit dan dilengkapi dengan lampu senja berupa LED strip di bawahnya.
Selain itu, fog lamp juga dibuat manis berkat aksen chrome di bagian housing fog lamp.
Walaupun secara keseluruhan memiliki desain membulat, namun berkat lekukan-lekukan khas SUV seperti di bagian fender dan bumper membuat EcoSport terlihat kekar.
Oh iya, Ford EcoSport dirancang oleh Ford Development Center di Brazil, negara kelahiran EcoSport generasi pertama.
Mobil ini dibangun menggunakan basis yang sama dengan Ford Fiesta.
Beralih ke bagian samping.
Dari sisi samping, barulah terlihat bahwa EcoSport sebenarnya cukup kompak.
EcoSport memiliki dimensi dengan panjang 3.999 mm, lebar 1.765 mm, dan tinggi 1.708 mm.
Namun EcoSport memiliki ground clearence yang cukup tinggi, mencapai 200 mm.
Walau begitu, kesan SUV tetap kuat berkat penggunaan roof rack serta fender yang agak menggembung.
Penggunaan velg berukuran 16 inci juga membuat tampilan Ford EcoSport terlihat proporsional.
Lanjut ke bagian belakang.
Di bagian belakang, kesan SUV justru semakin kental berkat penggunaan ban cadangan yang berada di pintu bagasi, atau di Indonesia disebut dengan “konde”.
Yap, tampilan tersebut memang umumnya digunakan oleh mobil SUV era 2000-an, namun tetap terlihat pas untuk sebuah SUV modern.
Terdapat satu keunikan dari bagian belakang Ford EcoSport. Keunikan tersebut adalah handle pintu bagasi yang seakan menyatu dengan stoplamp di sebelah kanan.
Handle pintu bagasi tersebut berwarna silver, jadi terlihat menyatu dengan lampu mundur yang berwarna mirip.
Di bagian bumper belakang, terdapat dua buah fog lamp masing-masing di kiri dan kanan.
Interior
Saat masuk ke dalam kabin, salah satu yang menarik perhatian adalah layout dashboard khas mobil Ford yang penuh dengan tombol-tombol serta fitur yang selangkah lebih maju di zamannya.
Dashboard tersebut memang mayoritas menggunakan material plastik, namun terdapat material soft touch di beberapa titik seperti di door trim.
Dan walaupun mayoritas terbuat dari material plastik, kualitasnya cukup solid jika dibandingkan dengan rival sekelasnya.
Yang menarik dari interior Ford EcoSport memang terletak di tengah kabin, karena terdapat fitur voice command atau perintah suara berkat penggunaan teknologi Ford SYNC yang didesain oleh Microsoft.
Dengan menggunakan suara, kita dapat meminta sistem untuk melakukan panggilan telepon, memilih frekuensi radio, bahkan membaca SMS. Yap, sistem ini harus terhubung ke smartphone kita.
Fitur tersebut merupakan hal yang cukup “ajaib” untuk sebuah mobil di kelas Compact SUV, yang dijual dengan harga tidak lebih dari 300 juta Rupiah.
Di tengah dashboard, terdapat layar yang berukuran cukup kecil di bagian atas.
Layar tersebut berguna untuk mengatur radio, telepon, pengaturan, dan juga pesan.
Lalu di bawah layar terdapat ruang memasukkan CD dan juga banyak tombol-tombol di bawahnya.
Tombol di sebelah kiri berfungsi untuk mengakses fitur seperti CD, Radio, AUX, Phone, dan Menu.
Lalu tombol yang berada di tengah adalah untuk mengarahkan menu, serta tombol di sebelah kanan adalah tombol nomor untuk melakukan panggilan telepon.
Ada juga tombol power door lock di tengah dashboard, berdekatan dengan tombol lampu hazard.
Selain dipenuhi dengan tombol-tombol, terdapat dua buah kisi A/C di sisi kiri dan kanan, serta satu buah tombol start stop engine di sebelah kanan.
Di bawah tombol-tombol tersebut terdapat pengaturan A/C dengan layar digital, dan sudah dilengkapi juga dengan pemanas.
Beralih ke bagian lingkar kemudi.
Lingkar kemudi Ford EcoSport memiliki desain palang tiga dengan kombinasi warna hitam dan silver.
Pengaturannya pun sudah lengkap, tilt dan telescopic.
Lalu di sebelah kiri lingkar kemudi terdapat tombol untuk pengaturan audio dan juga telepon.
Di sisi kanan setir terdapat tuas wiper, sedangkan tuas lampu sein dan pengaturan MID berada di sisi kiri. Jika terbiasa mengemudikan mobil Jepang, layout tuas seperti ini mungkin agak membingungkan, ya.
Nah, untuk menyalakan lampu utama, terdapat tuas model putar di sebelah kanan, tepatnya di bawah kisi A/C sisi pengemudi.
Tuas tersebut berguna untuk menyalakan semua lampu, termasuk fitur auto lamp. Dan, ada tombol untuk fog lamp depan dan belakang juga di dekat tuas tersebut.
Di balik lingkar kemudi terdapat layar MID yang dapat menampilkan berbagai informasi, mulai dari outside temperature, sisa jarak berkendara, rata-rata konsumsi BBM, odometer, dan juga cruise control.
Bagaimana dengan kualitas jok Ford EcoSport? Jok Ford EcoSport tipe Titanium sudah dilapis material kulit, dengan jahitan berwarna merah.
Jok Ford EcoSport pun terasa lebih tebal dan kokoh.
Di bagian plafon, terdapat satu buah sunroof yang dapat diatur melalui tombol di dekat spion kabin. Memang sih, sunroof-nya tidak begitu besar, namun tetap berhasil menambah nilai dari EcoSport.
Di bagian door trim pengemudi, tepatnya di dekat handle pintu, terdapat tuas pengaturan untuk kaca spion.
Beralih ke baris kedua.
Walaupun terlahir sebagai sebuah Compact SUV, Ford EcoSport memiliki leg room yang cukup lega di baris kedua.
Sama dengan jok di baris pertama, jok baris kedua pun tebal dan kokoh.
Terdapat satu buah cup holder untuk penumpang baris kedua di bagian tengah kursi.
Beralih ke bagian bagasi.
Mungkin bagian inilah yang tidak bisa dijagokan jika dibandingkan dengan rivalnya seperti Toyota Rush.
Bagasi Ford EcoSport berkapasitas 362 liter, atau kira-kira dapat menampung sekitar tiga koper kecil atau dua koper besar. Namun jika membutuhkan ruang ekstra, kursi baris kedua dapat dilipat.
Mesin dan Transmisi
Seluruh tipe Ford EcoSport menggunakan mesin berkapasitas 1.500 cc 4 Silinder segaris 16 Valve DOHC, dengan tenaga puncak mencapai 110 PS dan torsi maksimum mencapai 142 Nm.
Mesin tersebut dipasangkan dengan transmisi manual 5 Speed dan Automatic 6 Speed.
Mesin ini sebenarnya cukup irit, dengan konsumsi rata-rata dapat mencapai antara 1:10 atau 1:11 di dalam kota.
Safety
Ford EcoSport dilengkapi dengan sistem keamanan yang cukup lengkap, seperti Dual SRS Air Bag, Traction Control, Hill Start Assist (HSA), ABS+EBD, dan Electronic Stability Control (ESC).
Kelebihan Ford EcoSport
Sudah jelas kelebihan yang ditawarkan di Ford EcoSport cukup banyak, mulai dari Ford SYNC, Auto Lamp, bahkan fitur keamanan seperti Hill Start Assist serta ABS+EBD memberikan nilai plus yang sangat baik untuk EcoSport.
Belum lagi kabin mobil yang cenderung lebih kedap jika dibandingkan dengan rival-rivalnya.
Kekurangan
Pada dasarnya, saat memutuskan membeli mobil bekas, jangan berharap tinggi bahwa unit tersebut akan “bebas” dari perawatan.
Setidaknya, pengecekan di bagian-bagian seperti transmisi, oli mesin, aki, kaki-kaki, dan juga eksterior perlu dilakukan sebelum mantap meminang mobil.
Khusus untuk Ford EcoSport, salah satu masalah yang cukup banyak dikeluhkan ada di bagian transmisi.
Cukup banyak pemilik EcoSport yang mengeluhkan bahwa terdapat getaran saat berakselerasi, utamanya di putaran awal.
Menurut beberapa sumber, getaran tersebut berasal dari transmisi dual clutch.
Keluhan Pengguna Ecosport Bekas
Beberapa keluhan umum yang dilaporkan oleh pemilik Ford Ecosport bekas meliputi:
Masalah Transmisi: Beberapa pemilik mengeluh tentang masalah transmisi, termasuk gesekan kasar, perubahan gigi yang tidak halus, atau bahkan kegagalan transmisi secara keseluruhan.
Performa Mesin: Beberapa pemilik melaporkan masalah performa mesin, termasuk kehilangan tenaga, mesin sering mati sendiri, atau konsumsi bahan bakar yang tidak efisien.
Masalah Elektronik: Beberapa pemilik melaporkan masalah dengan sistem elektronik, seperti lampu yang sering mati atau sistem elektronik yang tidak berfungsi dengan baik.
Masalah Suspensi: Beberapa pemilik mengeluh tentang masalah suspensi yang membuat kendaraan terasa tidak nyaman atau sulit dikendalikan.
Harga Ford Ecosport Bekas
Di situs Mobilman.id, terdapat Ford Ecosport bekas jakarta, atau Ford Ecosport Bandung yang ditawarkan dengan harga yang cukup variatif, tergantung kondisi dan tahun unit.
Mobil ini dijual mulai dari harga Rp 98.000.000 hingga Rp 145.000.000. Data tersebut diambil pada bulan Juli 2024, sehingga masih bisa berubah mengikuti kondisi mobil masing-masing.