48 BMW E39 Bekas Dijual Disini
Kisaran Hargannya:
Rp. 50.000.000 - Rp. 145.000.000
Kisaran Hargannya: Rp. 50.000.000 - Rp. 145.000.000
BMW E39 pertama kali diperkenalkan pada September 1995 di Frankfurt Motorshow, menggantikan keberadaan E34. Secara tampilan memang E39 terlihat lebih modern dibanding E34. Headlamp E39 menggunakan dua lapis luar dalam, sedangkan E...
34 masih dua buah lampu bulat-bulat.DESAIN
Perancang desain E39 adalah seorang berkebangsaan Jepang bernama Joji Nagashima, sedangkan yang men-supervisi desainnya adalah Chris Bangle. Hasilnya adalah desain sedan yang eksekutif namun memiliki aura sport.
BMW E39 juga diciptakan dalam dua tipe body, versi wagon/touring dan sedan empat pintu. Meski ada versi M5-nya, tetap menggunakan 4 pintu.
Model yang pertama keluar yaitu sedan 4 pintu di Desember 1995, lalu versi wagon mulai keluar pada November 1996.
MESIN BMW E39
Ketika pertama kali muncul, E39 menggunakan mesin bensin M52 straight-six dan M62 V8. Kedua mesin itu masih baru diproduksi oleh BMW yang juga dipakai di BMW E36 facelift.
Pada akhir 1998, versi technical update (TU) keluar. Teknologi Single VANOS dipakai untuk mengejar torsi putaran bawah serta efisiensi bahan bakar.
Lalu pada versi facelift (LCI), mesin straight-six M52 digantikan oleh M54, namun M62TU tetap digunakan untuk model V8.
M54B30 (digunakan dalam E46 330i dan E39 530i) menduduki daftar 10 Mesin Terbaik Ward pada tahun 2002 dan 2003.
Mesin M52 dan M54 ini ada banyak versi dan kapasitas mesin.
PULUHAN BMW E46 BEKAS DIJUAL DISINI
Untuk mesin diesel, awalnya menggunakan mesin M51 enam silinder turbo-diesel. Pada tahun 1998, penggantinya M57 diperkenalkan, namun M51 juga tetap diproduksi selama dua tahun lagi.
Pada tahun 1999, M47 turbo-diesel empat silinder diperkenalkan pada model 520d, yang merupakan satu-satunya model E39 yang menggunakan mesin empat silinder.
INTERIOR
Masuk ke interior E39, ada perbedaan signifikan dibanding E34, yaitu kontrol power window sudah tidak di panel tengah, melainkan di doortrim pengemudi. Sementara E39 tetap mempertahankan instrumen clusternya menghadap ke driver. Kisi-kisi AC samping juga tetap berada di pintu kiri-kanan.
FITUR & TEKNOLOGI
Cukup banyak tenologi canggih (pada jamannya) yang diperkenalkan di E39, seperti:
electric seat dengan memory
electric tilt steering
tuas lampu sein dengan OBC
climate control AC dual zone
auto tilt reverse electric mirror
CD changer
rem ABS dan active stability control
tirai belakang elektrik
motorized headlight control
AC penumpang belakang
Semua fitur itu disesuaikan dengan tipe mobilnya. Pada 520i dan 523i non facelift jok masih manual, tapi untuk tipe 530i Individual semua fitur yang disebutkan sudah terpasang, plus ada audio steering control, cruise control dan sensor parkir.
Bahkan kaca samping double glass juga terpasang di versi facelift 530i 2003, membuat kabin semakin kedap suara.
TRANSMISI BMW E39
Mesin E39 dipadukan dengan banyak jenis transmisi, mulai dari 4 speed automatic sampai 6 speed manual.
SASIS & DIMENSI
Teknologi sasis dari E39 diklaim BMW lebih kuat dan rigid dibanding seri sebelumnya (E34). Karena di beberapa bagian sudah memakai baja. Tujuannya agar perlindungan penumpangnya lebih baik.
Efek negatifnya membuat bobotnya jadi lebih berat. Tapi BMW berusaha mengurangi beratnya dengan menggunakan bahan aluminium di beberapa part kaki-kaki, seperti control arm depan.
Untuk dimensi dari E39 ini sedikit lebih panjang dan lebar jika dibanding E34, apalagi dibanding BMW seri 3.
FACELIFT & PRE-FACELIFT
BMW E39 mengalami satu kali facelift selama usia produksinya. Mulai 1996-1999 disebut pre-facelift, lalu 2000-2003 disebut facelift.
Seperti biasa, BMW tidak melakukan perubahan signifikan di mobil faceliftnya. Perbedaan yang terlihat dari eksteriornya yaitu headlight. Di pre-facelift belum menggunakan proyektor dan angel eyes, tapi facelift sudah.
Mesin juga berubah. Tipe 520i sudah menggunakan mesin M54. BMW juga mengeluarkan tipe 525i dan 530i pada tahun 2000.
BMW E39 M5
Versi M5 dari E39 diperkenalkan pada tahun 1998 di Geneva Motor Show dan diproduksi dari tahun 1998 hingga 2003.
Mobil high performance dari E39 ini memakai mesin S62 V8 5.000 cc dengan transmisi manual 6-percepatan. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga 394 hp pada 6.600 rpm dan torsi 500 N⋅m pada 3.800 rpm.
Mesin S62 memiliki body throttle individu yang digerakkan secara elektronik, blok dan kepala aluminium, dan teknologi Double VANOS.
Sayangnya, semua mobil E39 M5 dijual dengan model sedan 4 pintu, jadi agak sulit membedakan dengan versi biasanya.
VERSI INDONESIA
Di Indonesia, E39 pre-facelift keluar pada tahun 1996 dengan tipe 520i, 523i dan 528i. Sedangkan pada tahun 2000 keatas, tipe 525i dan 530i mulai diperkenalkan.
Sayangnya versi diesel dan M5 E39 tidak dimasukkan secara resmi oleh BMW Indonesia, jadi kalau tipe itu mengaspal di jalanan, kemungkinan besar masuk lewat importir umum.
Pajak BMW E39 Bekas
Salah satu pertimbangan membeli mobil bekas adalah biaya pajak. Untuk BMW E39, pajaknya cukup terjangkau.
Umumnya, besaran pajak mobil adalah 1,5% dari NJKB (Nilai Jual Kendaraan Bermotor). Serta meningkat sebesar 0,5% untuk setiap tambahan kendaraan (tarif pajak progresif). Tarif itu belum termasuk Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ).
Kisaran pajak BMW E39 pada tahun 2023 mulai dari Rp 1.380.000,- sampai Rp 2.460.000,- tergantung lokasi dan tahun produksi mobilnya.
Kelebihan BWM E39:
Kinerja: BMW E39 menawarkan kinerja yang sangat baik. Mesin bensin 6 silinder 3.0L memberikan akselerasi yang lancar dan cepat, sementara suspensi sporty memberikan kenyamanan dan kestabilan di jalan.
Desain: BMW E39 memiliki desain yang elegan dan timeless. Bodinya ramping dan aerodinamis, dan interior yang dilapisi kulit dan kayu memberikan nuansa mewah dan elegan.
Keamanan: BMW E39 dilengkapi dengan berbagai fitur keamanan, termasuk airbag depan dan samping, rem ABS, kontrol traksi, dan kontrol stabilitas.
Kekurangan BMW E39:
Biaya perawatan: Seperti kebanyakan mobil mewah, biaya perawatan BMW E39 cenderung tinggi. Suku cadang dan perbaikan dapat mahal, sehingga pemilik perlu mempertimbangkan biaya tersebut sebelum membeli mobil ini.
Umur: Karena mobil ini telah diproduksi selama lebih dari dua dekade, ada kemungkinan bahwa beberapa komponen mobil akan mengalami masalah akibat penuaan.
Konsumsi bahan bakar: Meskipun BMW E39 menawarkan kinerja yang luar biasa, mobil ini juga diketahui memiliki konsumsi bahan bakar yang tinggi. Ini bisa menjadi kelemahan bagi pemilik yang ingin menghemat biaya bahan bakar.
Harga BMW E39 Bekas
Untuk harga mobil BMW E39 Bekas di Indonesia pada bulan Agustus 2024, cukup bervariasi tergantung kondisi.
Data dari iklan di Mobilman.id BMW E39 harga yang paling mulai dari Rp 45.000.000,- sampai dengan harga tertinggi pada Rp 698.000.000,-
Yak, sekian penjelasan Mobilman.id tentang BMW E39 Bekas, Seri 5 generasi ke empat. Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat untuk kita semua.