57 Honda Civic Bekas Dijual Disini
Kisaran Hargannya:
Rp. 35.000.000 - Rp. 575.000.000
Kisaran Hargannya: Rp. 35.000.000 - Rp. 575.000.000
Honda Civic sudah tidak asing lagi bagi di Indonesia. Civic dikenal sebagai sedan yang sporty sekaligus mewah, dan menjadi favorit bagi banyak orang. Kini, Civic sudah terdiri dari 10 generasi, diproduksi pertama kali pada ta...
hun 1972. Mobil ini termasuk produk awal mobil Honda yang langsung menuai sukses.Simak sejarah 10 generasi Civic berikut ini.
1. Civic Gen 1 (1972)
Setelah sukses membangun nama di pasar motor, Honda memperluas pasar dengan masuk ke pasar roda empat apda tahun 1963.
Saat itu, Honda memproduksi mobil imut bernama N360, mobil pertama Honda yang dijual pada tahun 1967.
Setelah sukses menjual N360, Honda mulai memproduksi mobil lain yang basisnya sama dengan N360, yaitu Honda 1300 pada tahun 1970 dan Honda Civic pada tahun 1972.
Honda Civic generasi pertama ini baru mulai dijual pada tahun 1973. Saat itu, Civic menggunakan mesin berkapasitas 1.169 cc 4 silinder dan berpendingin air.
Saat itu Civic tersedia dalam beberapa pilihan tipe, mulai dari tipe sedan, hatchback, hingga station wagon (lima pintu).
Civic secara instan menjadi primadona saat itu. Pada tahun 1973, terjadi krisis minyak global.
Akibatnya, minat konsumen terhadap kendaraan yang lebih efisien membesar.
Civic pun menjadi pilihan utama. Alasannya, Civic memnggunakan mesin CVCC (Compund Vortex Controlled Combustion) yang memang dirancang agar memiliki konsumsi bahan bakar yang irit.
Serta, mesin tersebut memungkinkan pemilik mobil untuk dapat mengisi bensin bertimbal ataupun tampa timbal.
Selain itu, dengan harga yang cukup terjangkau, pemilik mobil sudah mendapatkan rem cakram di roda depan, panel kayu di bagian dashborard, AC, dan juga radio.
Di Indonesia, Civic generasi pertama ini baru masuk pada tahun 1975 dan mendapat julukan “Civic Koper”.
Civic ini juga cukup ikonik, mengingat pernah digunakan oleh pembalap legendaris, Aswin Bahar.
2. Civic Gen 2 (1979)
Generasi keduanya dirilis pada tahun 1979. Tampilannya berubah jadi lebih modern. Bentuknya jadi lebih mengotak dibanding pendahulunya.
Selain itu terdapat juga ubahan di bagian lampu depan, lampu belakang, serta bumper yang menggunakan model plastik. Dimensinya pun ikut membesar.
Civic yang lebih dikenal dengan sebutan “Civic Excellent” ini menggunakan mesin yang lebih besar, yaitu mesin berkapasitas 1.335 cc dan tersedia opsi lain yaitu mesin berkapasitas 1.488 cc.
Honda menawarkan Civic generasi kedua ini dalam tiga pilihan transmisi, yaitu 4-speed Manual, 5-Speed Manual, dan Semi-Automatic yang disebut sebagai “Hondamatic”.
Honda Civic Excellent tersedia dalam tiga tipe bodi, yaitu hatchback tiga pintu, sedan empat pintu, hatchback lima pintu dan wagon lima pintu.
3. Civic Gen 3 (1983)
Honda menghadirkan generasi ketiga Civic pada tahun 1983. Pada tahun tersebut, Honda menggabungkan Civic model hatchback lima pintu dengan Civic model wagon lima pintu menjadi Honda Civic Shuttel.
Desain Civic menjadi lebih mengotak namun jadi lebih modern dibanding pendahulunya.
Ubahan juga terletak di lampu depan dan belakang yang sama – sama mengusung bentuk kotak.
Salah satu bagian yang unik pada Civic hatchback generasi ini terletak di kaca belakang yang berukuran cukup besar. Mengingatkan kita pada bentuk Honda Brio Satya sebelum facelift.
Karena bentuk kaca tersebut, Civic ini di Indonesia mendapat julukan sebagai “Civic Wonder Setrika” karena bentuk bodi yang kotak serta bagian belakangnya yang agak rata.
Dari segi mesin, terdapat peningkatan karena Honda memasang mesin baru dengan kapasitas yang lebih besar, yaitu mesin 1.500 cc 4 silinder dari keluarga D Series yang memiliki tenaga sebesar 76 PS.
Di Indonesia, Civic Wonder bersaing secara ketat dengan sedan milik Toyota, Corolla DX.
Pada tahun 1984, Honda merilis versi lebih bertenaga yaitu tipe Si khusus untuk pasar Jepang.
Perbedaannya terletak di suspensi yang mendapat pembaruan, mesin lebih besar dengan kapasitas 1.600 cc yang dapat mengeluarkan tenaga hingga 130 PS.
Mesin tersebut dipasangkan denggan penggerak roda 4WD.
4. Civic Gen 4 (1987)
Pada tahun 1987, lahir generasi ke empat. Bentuknya masih kotak, namun sedikit membulat di bagian sisi.
Di Indonesia, mobil ini disebut sebagai “Grand Civic”.
Honda Grand Civic memiliki bentuk yang sebenarnya tidak begitu jauh dengan pendahulunya, namun memiliki kap mesin yang lebih rendah.
Selain itu, dimensinya juga ikut membesar, mengikuti perkembangan pasar yang gemar berpergian dengan keluarga besar.
Selain bentuk sedan, Grand Civic juga tersedia dalam model hatchback dan disebut sebagai Civc Nouva.
Civic Nouva memiliki bentuk bawaan yang jauh lebih sporty, dibandingkan pendahulunya.
Karena bentuknya yang sporty, Civic Nouva populer di ajang motorsports.
Di ajang balap Autocross, Civic Nouva menjadi favorit para pembalap, bersama Mazda MX-5 Miata.
Bahkan, pesona Civic Nouva masih mampu bertahan hingga sekarang. Terbukti, masih banyak konsumen yang memburu mobil ini.
Salah satu ciri khas Grand Civic dan Civic Nouva terletak di lampu belakang yang menyambung.
Civic generasi keempat ini menggunakan mesin D15B berkapasitas 1.500cc 4 silinder SOHC.
Banyak pemilik Civic ini yang melakukan engine swap agar lebih bertenaga, umumnya menggunakan mesin D16.
5. Civic Gen 5 (1991)
Pada tahun 1991, Honda menghadirkan Civic terbaru dengan bentuk yang sedikit lebih besar dan lebih aerdinamis. Civic generasi kelima ini masuk ke Indonesia dalam dua tipe, yaitu sedan dan hatchback.
Dari segi bentuk, Civic generasi kelima ini tidak lagi mengadopsi bentuk kotak, melainkan mulai membulat hingga memiliki julukan “kapsul”.
Honda Civic tipe sedan ini dikenal sebagai “Civic Genio” dan Civic tipe hatchback dikenal sebagai "Civic Estilo”.
Nama “Genio” dan “Estilo” memiliki arti khusus. Genio berarti “genius / jenius” sedangkan Estilo berarti “gaya”.
Saat pertama kali diluncurkan, Civic Genio atau Civic sedan lebih disukai masyarakat, karena selera pasar saat itu menginginkan mobil dengan kapasitas yang besar.
Civic Estilo memiliki nasib yang berbeda, peminatnya tidak begitu banyak.
Walau begitu, peminat Civic Estilo banyak berasal dari penggemar modifikasi dan dunia motorsports. Estilo menjadi favorit untuk balap kala itu.
Karena peminatnya yang tidak begitu banyak, umur Civic Estilo pun hanya bertahan selama tiga tahun (1992 – 1995).
Karena beredar dalam waktu singkat dan banyak yang dimodifikasi, stok Civic Estilo bekas dalam kondisi standar pun tidak begitu banyak. Hal tersebut lah yang membuat harga bekas Civic Estilo meroket, bahkan hingga sekarang.
Mesin bawaan Civic Genio dan Estilo adalah mesin D16 SOHC dengan kapasitas 1.500 cc. Mesin ini dapat mengeluarkan tenaga hingga 120 HP.
Mesin tersebut dipasangkan dengan transmisi manual 5-speed atau automatic 4-speed.
Salah satu kekurangan Civic generasi ini terletak di radiatornya. Civic lansiran awal hanya memiliki radiator 1 ply, dan menyebabkan mobil mudah overheat.
Untungnya Honda memperbaiki kekurangan tersebut pada Civic keluaran tahun 1993 ke atas, dengan memasang radiator 2 ply.
6. Civic Gen 6 (1995)
Diproduksi mulai tahun 1995 hingga tahun 2000, Honda Civc generasi keenam ini memiliki tampilan yang lebih mewah dibanding pendahulunya.
Di Indonesia, Civic generasi ini dikenal sebagai “Civic Ferio”.
Dari segi tampilan, bentuknya juga cukup berbeda.
Walaupun masih memiliki siluet dari Genio, namun Civic Ferio lebih slim dibanding pendahulunya.
Lalu di bagian depan, Civic Ferio memiliki grille yang lebih besar dibanding Genio.
Walaupun banyak perbedaan, Honda tetap mempertahankan aura sporty pada Civic ini.
Di Indonesia, Civic menjadi andalan Honda untuk melawan sedan ikonik milik toyota, yaitu Corolla AE 111. Selain dari Toyota, ada juga Mitsubishi Lancer dan Mazda Familia.
Dari segi mesin, Civic Ferio menggendong mesin berkode D16Y5 dengan kapasitas 1.699 cc 4 silinder VTEC.
Yap, Ferio sudah dilengkapi dengan VTEC. Meisn tersebut dapat menghasilkan tenaga hingga 125 Hp.
Mesin tersebut dipasangkan dengan transmisi manual 5-speed atau automatic 4-speed.
7. Civic Gen 7 (2000)
Pada akhir tahun 2000 Honda merilis Civic generasi ke-tujuh.
Dari segi tampilan, Civic yang sering disebut sebagai Civic VTi ini memiliki tampilan yang mengarah ke mewah dan berkelas, berbeda dibandingkan dengan pendahulunya.
Dimensi nya juga bertambah besar, memberikan ruang kabin luas serta kenyamanan yang jadi lebih baik.
Selain itu, suspensi mobil ini juga mendapat pembaruan.
Suspensi depan menggunakan tipe double wishbone, dan suspensi belakang menggunakan tipe McPherson strut.
Namun, Civic VTi tidak begitu berhasil menggoda pasar Indonesia, entah kenapa.
Saat itu pesaing terdekat Civic adalah Corolla Altis. Corolla Altis berhasil melenggang dengan mencatatkan penjualan yang baik.
Bagaimana dengan Civic VTi? Hingga awal tahun 2006, Civic VTi masih ada di beberapa showroom Honda, bahkan setelah beberapa bulan setelah Civic FD diperkenalkan.
8. Civic Gen 8 (2005)
Pada tahun 206 Honda Indonesia memboyong generasi terbaru Civic dengan kode bodi FD.
Civic, yang selanjutnya disebut sebagai Civc FD, memiliki tampilan yang jauh berbeda dengan pendahulunya.
Di Indonesia, Civic generasi ini memiliki nickname sebagai Civic Batman.
Honda seakan mengembalikan aura sporty kepada Civic, setelah sempat hilang di generasi ketujuh.
Civic FD yang tampil sporty tidak butuh waktu lama untuk mencetak kata sukses selama dijual.
Di Indonesia, Civic FD menjadi favorit para konsumen muda atau eksekutif muda.
Civic FD ditawarkan dalam dua pilihan mesin, yaitu mesin 1.800 cc dan mesin 2.000 cc yang sudah dilengkapi i-VTEC.
Mesin tersebut dipasangkan dengan transmisi manual 5-speed dan automatic 5-speed.
Agar lebih memanjakan konsumen, Honda menghadirkan fitur paddle shift di semua tipe.
Selain itu, speedometer Civic FD yang bertumpuk memberikan kesan futuristis dan sporty.
Hingga saat ini, Civic FD masih banyak diburu konsumen, sehingga harga bekas Civic FD pun masih tinggi.
9. Civic Gen 9 (2011)
Setelah mendulang sukses cukup besar dari Civic FD, Honda menelurkan generasi terbaru Civic dengan kode bodi FB.
Civic FB yang meluncur pada tahun 2012 memiliki tampilan yang cukup berbeda dengan FD.
Civic FB tampil lebih mewah dan ‘kalem’.
Sayangnya, ubahan tersebut tidak begitu berhasil menarik minat konsumen. Utamanya, di bagian belakang Civic FB.
Kesan sporty dari Civic FD tidak tersisa di Civic FB.
Selain itu, di bagian interior juga terdapat downgrade kualitas.
Barulah setelah mendapat facelift pada tahun 2015, kualitas interior diperbaiki.
Saat itu, Civic FB ditawarkan dengan opsi mesin 1.800 cc (FB2) dan mesin 2.000 cc (FB3).
Mesin 1.8 memiliki tenaga maksimal mencapai 140 Hp, dan mesin 2.0 memiliki tenaga maksimal hingga 155 Hp.
Mesin tersebut dipasangkan dengan transmisi manual 5-speed dan automatic 5-speed.
10. Civic Gen 10 (2016)
Tahun 2016, Honda meluncurkan generasi terbaru Honda Civic yang dilengkapi dengan turbo.
Aura sporty kembali lagi ke tubuh Honda, karena dari segi desain, Honda Civic generasi 10 ini jadi terlihat tegas dan galak.
Tampilan tersebut semakin kuat berkat sokongan turbo yang dipasangkan di mesin berkapasitas 1.500 cc. Mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga hingga 173 Hp.
Civic terbaru ini masuk dalam dua tipe, yaitu tipe sedan dan hatchback.
Selain tampil sporty dan mesin yang bertenaga, Honda Civic berkode FK ini dilengkapi dengan sederet fitur terbaru.
Mulai dari instrument cluster semi LED, transmisi CVT dengan Earth Dreams, ABS + EBD, tombol start stop engine, lampu depan dan lampu belakang LED, auto headlamp, remote engine start, dan masih banyak lagi.
11. Civic Gen 11 (2021)
Sedan legendaris Honda kembali masuk ke generasi terbaru pada tahun 2021.
Tidak tanggung – tanggung, Honda langsung memasukkan Civic RS dan juga menjadi satu – satunya tipe Civic di Indonesia.
Dari segi tampilan, Civic terbaru ini masih mempertahankan aura sporty, namun berhasil dikombinasikan dengan kesan mewah, gagah, dan agresif.
Sebuah kombinasi yang pas, mengingat sedan ini dijual dengan harga 567 juta Rupiah.
Walaupun begitu, siluet pendahulunya tetap ada di generasi ini.
Mesin turbo dari pendahulunya juga tetap dipertahankan, namun diracik kembali oleh Honda hingga tenaganya meningkat jadi 178 PS.
Mesin tersebut dipasangkan dengan transmisi CVT.
Dimensi Civic gen 11 ini jadi lebih panjang dari pendahulunya.
Di generasi ini, Honda memberikan sentuhan yang mewah di dalam kabin. Kombinasi material kulit, soft touch, dan plastik berlapis warna piano black sukses memberikan kebanggaan untuk pemiliknya.
Yang unik, di bagian dashboard terdapat semacam jaring bermotif honey comb yang menjadi cover ventilasi AC.
Tidak hanya itu, Honda juga memasang fitur Honda Sensing di Civic ini.
Dengan begitu, Civic gen 11 ini memiliki fitur seperti cruise control, collition mitigation braking system, lane keep assist, road departure mitigation system, auto hi-beam, dan lead car departure notification.
Honda Civic sepertinya pantas menyandang gelar mobil legendaris Honda, mengingat sudah 11 generasi dan sudah hampir 50 tahun ada di dunia.
Kelebihan Honda Civic
Desain yang menarik: Honda Civic memiliki desain yang menarik dan modern, dengan garis-garis yang tajam dan aerodinamis yang memberikan tampilan yang sporty dan agresif.
Kinerja yang baik: Honda Civic menawarkan kinerja yang hebat, terutama pada model turbocharged. Mobil ini memiliki akselerasi yang cepat dan pengendalian yang responsif.
Efisiensi bahan bakar: Honda Civic terkenal karena efisiensi bahan bakarnya yang baik, terutama pada model turbocharged. Mobil ini juga dilengkapi dengan teknologi stop-start, yang membantu menghemat bahan bakar saat berhenti sejenak.
Pajak Honda Civic Bekas
Salah satu pertimbangan membeli mobil bekas adalah biaya pajak. Untuk Honda Civic, pajaknya cukup terjangkau.
Umumnya, besaran pajak mobil adalah 1,5% dari NJKB (Nilai Jual Kendaraan Bermotor). Serta meningkat sebesar 0,5% untuk setiap tambahan kendaraan (tarif pajak progresif). Tarif itu belum termasuk Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ).
Kisaran pajak Honda Civic pada tahun 2023 mulai dari Rp 380.000,- sampai Rp 15.960.000,- tergantung lokasi dan tahun produksi mobilnya.
Keluhan Pengguna Civic Bekas
Beberapa keluhan yang mungkin timbul adalah:
Masalah Transmisi: Beberapa pengguna telah melaporkan masalah dengan transmisi pada model Honda Civic tertentu. Ini termasuk kebisingan, sulitnya perpindahan gigi, atau keausan komponen transmisi.
Masalah Suspensi: Beberapa pemilik melaporkan masalah dengan suspensi pada Honda Civic bekas. Ini mungkin termasuk suara berdecit, getaran yang tidak normal, atau kerusakan pada komponen suspensi.
Kerusakan Sistem Kelistrikan: Beberapa pengguna melaporkan masalah dengan sistem kelistrikan, seperti masalah pada sistem penguncian pintu, lampu yang sering mati, atau masalah dengan sistem audio atau navigasi.
Kerusakan Sistem Pendingin: Beberapa pemilik melaporkan masalah dengan sistem pendingin pada Honda Civic bekas, seperti bocor pada radiator, kebocoran refrigeran AC, atau masalah dengan kipas pendingin.
Masalah pada Mesin: Beberapa pengguna mengalami masalah pada mesin, seperti kebocoran oli, masalah dengan sistem pembakaran, atau keausan pada komponen mesin lainnya.
Konsumsi BBM Rata-Rata
Menurut beberapa sumber yang kami temukan, konsumsi bbm honda civic bervariasi tergantung pada model, mesin, dan kondisi jalan.
- Honda Civic generasi terbaru yang menggunakan mesin 1.5L DOHC VTEC Turbo 4 silinder memiliki konsumsi bbm 9,52 L/100km.
- Honda Civic RS 2022 yang menggunakan mesin yang sama dengan Civic generasi terbaru memiliki konsumsi bbm 18,7 km/liter untuk penggunaan dalam kota dan 17,1 km/liter menurut trip meter.
- Honda Civic Hatchback RS yang menggunakan mesin yang sama dengan Civic RS 2022 memiliki konsumsi bbm berkisar antara 10 sampai dengan 17,2 km/liter.
- Honda Civic Ferio yang menggunakan mesin 1.5L SOHC VTEC 4 silinder memiliki konsumsi bbm 13 km/liter.
- Honda Civic Genio yang menggunakan mesin 1.5L SOHC 4 silinder memiliki konsumsi bbm 12 km/liter.
Honda Civic Harga
Untuk harga mobil Civic bekas di Indonesia pada bulan Agustus 2024, cukup bervariasi tergantung kondisinya.
Data dari iklan di Mobilman.id yang paling mulai dari Rp 19.000.000,- untuk Honda Civic Wonder tahun 1987, sampai dengan harga tertinggi pada Rp 515.000.000,- untuk tipe Civic Hatchback tahun 2021.