40 Toyota Rush Bekas Dijual Disini
Kisaran Hargannya:
Rp. 90.000.000 - Rp. 242.000.000
Kisaran Hargannya: Rp. 90.000.000 - Rp. 242.000.000
Toyota Rush masuk ke Indonesia dari tahun 2006. Mobil kembaran Daihatsu Terios ini langsung menarik perhatian dari konsumen segmen Low Sport Utility Vehicle alias LSUV. Jika Anda mau membaca review singkatnya, klik "Read More...
".Hingga kini, Toyota telah melakukan perubahan besar-besaran di mobil SUV Rush. Sejak pertama kali diluncurkan pada 2006 lalu, mobil ini sudah terjual 250.000 unit lebih.
Lalu kini tampilannya juga lebih modern, dinamis, sporty, namun tetap memiliki DNA sebagai mobil SUV yang kokoh dan gagah.
Begitu pun dengan mesinnya yang sudah berubah menjadi lebih hemat dan efisien. Bahkan, PT Toyota Astra Motor (TAM) mengklaim konsumsi bahan bakar Rush lebih efisien 20% dibanding sebelumnya.
Sebenarnya tampilan Rush ketika itu tersaji dengan desain yang gagah. Khas tampila mobil jip yang sporty.
Pada pintu belakang terdapat ban cadangan yang menggantung di pintu bagasi. Banyak yang menyebut generasi pertama ini sebagai Rush Konde. Kapasitas penumpangnya juga masih menggunakan konfigurasi 5-seater.
Toyota Rush Generasi Pertama 2006
Pada Rush generasi pertama ini ditawarkan dengan tiga tipe pilihan: G Manual 5-speed, S Manual 5-speed, serta S Otomatis 4-speed. Selain itu, untuk pilihan warnanya ada biru, merah, silver, hitam dan champange.
Lalu untuk sektor mesinnya mengusung mesin berkode 3SZ-VE, berteknologi DOHC berkapasitas 1.500 cc 4-silinder dengan teknologi VVT-i. Tenaganya diklaim mampu mengeluarkan power sebesar 109 PS serta torsi maksimum 145 Nm.
Untuk dimensi, mobil ini memiliki panjang 4.420 mm, lebar 1.745 mm, serta tinggi 1.740 mm.
Pada bagian eksterior depan, lampu utama sudah dilengkapi dengan proyektor. Selain itu, ada grill trapesium serta terdapat logo Toyota di tengahnya.
Pada bagian bumper depan terdapat lubang udara dan fog lamp yang membuat bagian depan mobil ini terlihat lebih sporty.
Facelift 2009
Pada bagian eksterior Rush mendapat sedikit ubahan di facelift pertama ini. Pada bagian grill-nya, terlihat lebih modern dengan desain persegi panjang serta dilengkapi foglamp dan lubang udara pada bumpernya.
Lalu itu, pada 2010, Toyota meluncurkan tipe G transmisi otomatis. Kemudian ada sedikit penyegaran tampilan pada bagian eksterior dengan sentuhan aksen krom pada beberapa bagian.
Facelift 2013
Pada tahun 2013, TAM kembali memberikan facelift. Selain itu Rush diberikan tipe baru yakni TRD Sportivo menggantikan tipe Rush S.
Ubahan cukup banyak ada pada bagian front bumper spoiler rear bumper spoiler, serta disematkannya emblem TRD Sportivo pada bagian belakang dan stiker TRD Sportivo pada bagian sampingnya.
Ada pula garis tipis berwarna merah juga disematkan pada bagian bumper untuk menandakan varian TRD Sportivo.
Facelift 2016
Di tahun 2016, Rush kembali menampilkan tipe tertinggi baru dengan kapasitas tujuh penumpang. Lalu nama TRD Sportivo juga diubah menjadi TRD Sportivo Ultimo.
Tampilannya lebih modern dan sporty berkat adanya lampu LED serta bagian bumper bawah dan spoiler TRD Sportivo Ultimo dan desain velg alloy bergaya two tone.
Selain itu ada perbaikan pada bagian kaki-kaki tepatnya suspensi bagian depan dan belakang menggunakan New Shock Absorber dan Coill Spring Dual Rate yang merupakan racikan dari TRD.
Toyota Rush Generasi Kedua 2017
PT TAM akhirnya meluncurkan All New Rush atau model generasi kedua dengan konsep “Modern & Dynamic”. Ciri khasnya kini tidak lagi menampilkan mobil jip yang gagah. Melainkan berubah jadi SUV perkotaan.
Ban serep atau konde yang nempel di pintu belakang bagasi hilang.
Interior generasi kedua ini didesain dengan konsep “True 7 Seater SUV”. Artinya mobil ini telah dilengkapi dengan 7 seatbelt tiga titik dan 7 head rest, sehingga nyaman untuk menampung 7-orang.
Rush Hadir dengan pilihan dua tipe, G dan TRD Sportivo. Keduanya sudah menggunakan fitur start stop engine.
Lalu pada bagian interior, beberapa bagian panel depan dilapisi dengan material yang lembut agar terlihat semakin eksklusif.
Kemudian untuk bagian mesin, sudah mengadopsi kode baru yaitu 2NR-VE dengan teknologi Dual VVT-i. Tapi sayangnya dari sisi performa jadi lebih kecil. Torsi maksimalnya cuma 136 Nm pada 4.200 rpm dan Horse power maksimal pada 104 PS pada 6.000 rpm.
Facelift 2021
Pada tahun 2021, PT TAM kembali merilis tipe Rush dengan nama baru, yaitu Toyota Rush GR Sport, menggantikan varian TDR Sportivo. Walaupun desain eksterior tidak berbeda banyak.
Ada pula fitur baru di mobil ini yaitu idling stop system (IDS) untuk menambah efisiensi konsumsi bahan bakar. Cara kerjanya dengan mematikan mesin secara otomatis ketika mobil berhenti di kemacetan.
Pajak Toyota Rush Bekas
Salah satu pertimbangan membeli mobil bekas adalah biaya pajak. Untuk Toyota Rush, pajaknya cukup terjangkau.
Umumnya, besaran pajak mobil adalah 1,5% dari NJKB (Nilai Jual Kendaraan Bermotor). Serta meningkat sebesar 0,5% untuk setiap tambahan kendaraan (tarif pajak progresif). Tarif itu belum termasuk Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ).
Kisaran pajak Toyota Rush pada tahun 2023 mulai dari Rp 1.780.000,- sampai Rp 6.860.000,- tergantung lokasi dan tahun produksi mobilnya.
Kelebihan Toyota Rush
Kabin luas dan nyaman: Toyota Rush menawarkan kabin yang luas dan nyaman untuk penumpang di depan dan belakang, serta ruang bagasi yang cukup besar untuk membawa barang bawaan.
Kinerja mesin yang baik: Toyota Rush dilengkapi dengan mesin yang handal dan bertenaga, membuatnya mampu mengatasi berbagai jenis medan jalan dengan mudah.
Fitur keselamatan yang lengkap: Toyota Rush dilengkapi dengan fitur keselamatan seperti sistem pengereman anti-lock, airbag, dan kontrol stabilitas, sehingga memberikan perlindungan yang baik bagi penumpang.
Kekurangan Toyota Rush
Kualitas interior yang kurang: Meskipun Toyota Rush menawarkan kabin yang luas, kualitas bahan interior yang digunakan terkadang dianggap kurang baik.
Suspensi yang kurang nyaman: Suspensi Toyota Rush terkadang dianggap kurang nyaman, terutama saat melewati jalan yang bergelombang atau berlubang.
Keluhan Pengguna Rush Bekas
Beberapa keluhan umum yang dilaporkan oleh pengguna Toyota Rush meliputi:
Konsumsi bahan bakar yang tinggi: Beberapa pengguna mengeluhkan bahwa Toyota Rush memiliki konsumsi bahan bakar yang relatif tinggi dibandingkan dengan kendaraan sejenis di kelasnya.
Performa mesin yang kurang responsif: Beberapa pengguna melaporkan bahwa mesin Toyota Rush terasa kurang responsif terutama pada kecepatan rendah, dan membutuhkan waktu untuk memberikan akselerasi yang memadai.
Sistem suspensi yang kurang nyaman: Beberapa pengguna melaporkan bahwa suspensi Toyota Rush terasa kurang nyaman, terutama saat melewati jalan berlubang atau tidak rata.
Konsumsi BBM Rata-Rata
Menurut sumber yang kami temukan, konsumsi BBM Toyota Rush adalah 12,1 km/liter untuk rute kombinasi dan 20,5 km/liter untuk penggunaan dengan cara berkendara eco driving.
Harga Toyota Rush Bekas
Untuk harga Toyota Rush bekas di Indonesia, cukup bervariasi tergantung kondisi. Data dari iklan di Mobilman.id yang paling mulai dari Rp 77.000.000,- untuk tipe S keluaran tahun 2008, sampai dengan harga Rp 278.000.000,- untuk tipe GR Sport keluaran tahun 2021.
Data diatas disimpan pada bulan Agustus 2024 dan pastinya harga tersebut akan berubah setiap waktunya.
Secara keseluruhan Toyota Rush Sport Utiliy Vehicle adalah mobil yang populer di Indonesia karena kehandalannya dan harga jual kembali yang baik, spare part mudah ditemukan dan yang pastinya karena bermerek Toyota.