Overview Of Car
Halo mobilmania, kali ini kami akan mengulas habis tentang BMW E30. Muali dari kelebihan, kekurangan serta yang paling penting, tips sebelum membeli. Yuk baca sampai habis!
Transmission: | Manual |
---|---|
Release Date: | November 1982 |
Model: | E30 |
Make: | BMW |
Fuel Type: | Gasoline |
Body Style: | Sedan |
Max Torque: | 162 N.m (M40) |
Max Power: | 111 HP (M40) |

Apa yang kami suka
- Desain eksterior timeless
- Handling mantap

Kami tidak suka
- Spare part mulai langka
- Harga makin mahal
BMW E30 M40 merupakan generasi kedua dari BMW seri 3. Mobil ini hadir pertama kali pada tahun 1982.
Dalam produksi pertamanya, E30 hadir dalam varian coupe. Setahun kemudian ada versi 4 pintu sedan. Pada tahun 1985, muncullah versi cabriolet. Dan pada tahun 1987 barulah dihadirkan versi station wagon.
Di Indonesia, E30 hanya hadir secara resmi dalam versi 4 pintu sedan. Mungkin jika anda melihat versi lainnya, itu dimasukkan oleh importer umum.
Mesin BMW E30
BMW E30 memiliki mekanisme pembukaan kap mesin yang unik. Sama halnya dengan beberapa versi BMW lainnya.
LIHAT PULUHAN BMW E30 DIJUAL, KLIK DISINI
Dimana engsel kap mesin berada di dekat lampu. Sehingga kap mesin yang terangkat ialah bagian belakangnya.
Mobil ini tersedia untuk mesin 4 silinder, 6 silinder, serta mesin diesel.
Untuk 4 silinder, mesin berkode M10 hadir pertama kali. Dengan sistem Carburator. Kemudian dilanjutkan Jetronic Full Injection dan barulah lahir mesin M40. Berikut versi lengkapnya.
Mesin bensin 4 silinder
- M10 (1.766cc) (Carburator & Jetronic Fuel Injection)
- M40 (1.796cc & 1.596cc)
- M42 (1.800cc) 318iS
- S14 (2.300cc & 2.500cc) E30 M3
Untuk mesin 6 silinder, M20 hadir dengan berbagai kapasitas mesin. Mulai dari 2.000cc, 2.300cc, 2.500cc, dan 2.700cc. (sumber: Wikipedia)
Sedangkan pada mesin diesel, hadir versi 6 silinder. Dengan kode M21 dengan 2.433cc Turbo.
Tapi untuk pasar Indonesia, hanya hadir dalam dua pilihan mesin. M10 dan M40. Dua mesin itu hadir pada tahun yang berbeda.
BACA JUGA:
Review BMW E36, Harga Murah Tampilan Mewah
M10 berlangsung pada tahun 1985-1988. Mesin itu hadir dengan sistem injeksi bernama Jetronic.
Dalam pengembangannya, hadir mesin berkode M40 pada masa facelift. Dengan sistem injeksi yang disebut sebagai Motronic.
Mesin ini mampu menghasikan tenaga 113 dk dengan torsi 160 Nm. Tenaganya itu disalurkan ke roda belakang melalui pilihan transmisi manual 5 percepatan.
Sebenarnya mobil ini juga hadir dengan transmisi otomatis 4 percepatan. Namun untuk pasar Indonesia, BMW Indonesia tidak menghadirkan versi tersebut.
Desain BMW E30 M40
Bicara soal desainnya, ini menarik. Desain BMW itu sudah kuat dari jaman dahulu hingga sekarang.
Untuk versi facelift, mulai dari 1989-1991 sudah dilengkapi dengan bumper model plastik. Versi sebelumnya, bumper mobil ini masih dengan model besi.
Dalam versi standarnya, mobil ini hadir dengan pelek berukuran 14 inchi dengan ban 185x60.
Untuk bagian belakangnya, versi facelift hadir dengan lampu belakang 3 ruas sedangkan untuk versi non-facelift hanya dengan dua ruas.
Handling BMW E30 M40
Mobil ini memiliki karakter suspensi yang terbilang cukup keras. Ini dikarenakan BMW ingin memberikan karakter yang sporty.
BMW seri 3 memang dikenal sampai saat ini selalu memberikan kesenangan dalam berkendara.