imageSticky Rasakan mudahnya Cari Mobil di Aplikasi Mobilman.ID

BMW G20 Indonesia Review Lengkap, Lebih Canggih dari Sebelumnya

Overview Of Car

BMW G20 merupakan generasi ke tujuh dari BMW 3 series. Tak henti-hentinya, BMW selalu meningkatkan performa dan berbagai fitur futuristiknya. Dan berikut adalah review lengkap dari BMW G20.

Transmission: Steptronic
Release Date: Oktober 2018
Model: G20
Make: BMW
Fuel Type: Gasoline / Diesel
Body Style: Sedan
Max Torque: 300 N.m (320i)
Max Power: 181 HP (320i)

Apa yang kami suka

  • Fitur & Teknologi super canggih
  • Handling makin mantap

Kami tidak suka

  • Desain interior kalah dari Mercedes Benz
  • Desain eksterior kehilangan sentuhan sporty

Related Ads

Rp 400.000.000
BMW

BMW X1 sDrive18i xLine Matic 2015

KOTA TANGERANG, BANTEN

 25, Sep 2022

Rp 720.000.000
BMW

BMW F30 320i Matic 2018

KOTA JAKARTA SELATAN, DKI JAKARTA

 25, Sep 2022

Rp 133.000.000
BMW

BMW E90 320i Matic 2006

KOTA TANGERANG SELATAN, BANTEN

 25, Sep 2022

Rp 69.000.000
BMW

BMW E34 520i Manual 1991

KOTA JAKARTA SELATAN, DKI JAKARTA

 25, Sep 2022

Rp 345.000.000
BMW

BMW X1 sDrive18i Matic 2016

KOTA BANDUNG, JAWA BARAT

 25, Sep 2022

Rp 140.000.000
BMW

BMW E90 320i Matic 2005

KOTA TANGERANG, BANTEN

 24, Sep 2022

Rp 290.000.000
BMW

BMW F30 320i Matic 2013

KOTA JAKARTA PUSAT, DKI JAKARTA

 24, Sep 2022

Rp 63.000.000
BMW

BMW E36 320i Manual 1995

KOTA DEPOK, JAWA BARAT

 24, Sep 2022

Rp 1.670.000.000
BMW

BMW X5 xDrive40i xLine Matic 2021

KOTA JAKARTA UTARA, DKI JAKARTA

 24, Sep 2022

Rp 1.439.000.000
BMW

BMW X5 xDrive40i xLine Matic 2019

KOTA JAKARTA UTARA, DKI JAKARTA

 24, Sep 2022

Rp 295.000.000
BMW

BMW X3 xDrive 20D Matic 2012

KOTA JAKARTA BARAT, DKI JAKARTA

 24, Sep 2022

Rp 459.000.000
BMW

BMW X3 xDrive 20D Matic 2016

KOTA JAKARTA UTARA, DKI JAKARTA

 24, Sep 2022

Rp 249.999.000
BMW

BMW X1 sDrive18i Matic 2014

KOTA JAKARTA SELATAN, DKI JAKARTA

 23, Sep 2022

Rp 210.000.000
BMW

BMW X1 sDrive18i Matic 2011

KOTA JAKARTA TIMUR, DKI JAKARTA

 23, Sep 2022

Rp 360.000.000
BMW

BMW F30 320i Matic 2013

KABUPATEN TANGERANG, BANTEN

 22, Sep 2022

Rp 400.000.000
BMW

BMW F30 328i Matic 2014

KOTA JAKARTA UTARA, DKI JAKARTA

 22, Sep 2022

Rp 115.000.000
BMW

BMW E36 323i Matic 1997

KOTA JAKARTA SELATAN, DKI JAKARTA

 22, Sep 2022

Rp 88.000.000
BMW

BMW E39 528i Matic 1998

KOTA JAKARTA SELATAN, DKI JAKARTA

 22, Sep 2022

Rp 51.000.000
BMW

BMW E39 520i Matic 2003

KOTA JAKARTA SELATAN, DKI JAKARTA

 22, Sep 2022

Rp 375.000.000
BMW

BMW X1 sDrive18i Matic 2015

KOTA JAKARTA UTARA, DKI JAKARTA

 21, Sep 2022

Rp 235.000.000
BMW

BMW X1 sDrive18i Matic 2012

KOTA BANDUNG, JAWA BARAT

 21, Sep 2022

Rp 75.000.000
BMW

BMW E46 318i Matic 2001

KOTA YOGYAKARTA, DI YOGYAKARTA

 21, Sep 2022

Rp 295.000.000
BMW

BMW F10 523i Matic 2011

KABUPATEN BANTUL, DI YOGYAKARTA

 21, Sep 2022

Rp 95.000.000
BMW

BMW E46 318i Matic 2003

KABUPATEN SLEMAN, DI YOGYAKARTA

 21, Sep 2022

Rp 349.000.000
BMW

BMW F30 320i Matic 2015

KOTA JAKARTA SELATAN, DKI JAKARTA

 20, Sep 2022

Rp 340.000.000
BMW

BMW X3 xDrive20i Matic 2013

KOTA JAKARTA TIMUR, DKI JAKARTA

 20, Sep 2022

Rp 74.000.000
BMW

BMW E36 318i Manual 1996

KOTA JAKARTA SELATAN, DKI JAKARTA

 20, Sep 2022

Rp 95.000.000
BMW

BMW E46 318i Matic 2003

KOTA JAKARTA TIMUR, DKI JAKARTA

 20, Sep 2022

Rp 40.000.000
BMW

BMW E34 520i Matic 1988

KABUPATEN CIANJUR, JAWA BARAT

 19, Sep 2022

Rp 78.500.000
BMW

BMW E39 520i Matic 2003

KOTA JAKARTA TIMUR, DKI JAKARTA

 19, Sep 2022

left right

BMW G20 Indonesia diluncurkan pertama kali pada ajang Paris Motor Show 2018. Dan mulai dipasarkan secara global di tahun 2019. (sumber : Wikipedia)

bmw g20 indonesia

Mesin BMW G20 Indonesia

Untuk mesin pada mobil ini masih sama dari sebelumnya. Terdapat dua varian bahan bakar pada G20, mesin bensin dan mesin diesel.

                            CARI RATUSAN BMW DIJUAL, KLIK LINK DISINI

Berikut adalah beberapa model dari mesin BMW G20 :

Mesin Bensin

Model 320i dapat menghasilkan tenaga 181 hp dengan torsi 300 Nm. Mulai dari 0-100 km/jam dapat ditempuh dalam 7,2 detik.

Model 330i dapat menghasilkan tenaga 255 hp dengan torsi 400 Nm. Mulai dari 0-100 km/jam dapat ditempuh dalam 5,8 detik.

Model 330e dapat menghasilkan tenaga 248 hp dengan torsi 420 Nm. Mulai dari 0-100 km/jam dapat ditempuh dalam 6,0 detik.

Model M340i dapat menghasilkan tenaga 382 hp dengan torsi 500 Nm. Mulai dari 0-100 km/jam dapat ditempuh dalam 4,4 detik.

Mesin Diesel

Model 318d dapat menghasilkan tenaga 148 hp dengan torsi 320 Nm. Mulai dari 0-100 km/jam dapat ditempuh dalam 8,4 detik.

Model 320d dapat menghasilkan tenaga 188 hp dengan torsi 400 Nm. Mulai dari 0-100 km/jam dapat ditempuh dalam 6,8 detik.

BACA JUGA:

Toyota New Fortuner Review Lengkap, Perubahannya Tidak Signifikan

Model 330d dapat menghasilkan tenaga 261 hp dengan torsi 580 Nm. Mulai dari 0-100 km/jam dapat ditempuh dalam 5,5 detik.

Tenaga tersebut disalurkan ke roda belakang via transmisi otomatis 8 speed. Transmisi ini sebenarnya masih mirip dengan generasi sebelumnya, tapi transmisi 8 speed ini memang halus dan perpindahannya sangat sigap

bmw g20 indonesia

BMW mengklaim bahwa mobil ini semakin halus di kecepatan tinggi dan semakin asyik dikendarai.

Eksterior BMW G20 Indonesia

BMW G20 dibuat lebih panjang, lebih lebar, dan lebih rendah sedikit dibanding generasi sebelumnya. Membuat mobil ini tampil lebih pipih.

Dimensi dari mobil ini memiliki jarak sumbu roda 2.851 mm, panjang 4.709 mm, lebar 1.827 mm, dan tinggi 1.442 mm.

Kalau dilihat dari depan, mobil ini terlihat seperti naik kelas. Padahal sebenarnya, mobil ini tetap termasuk sebagai compact premium sedan.

bmw g20 indonesia

Ini dikarenakan profilnya yang lebih pipih, membuatnya terlihat seperti kelas diatasnya.

Apalagi, di Indonesia dimasukan trim M sport. Sudah ada spoiler, dan velg nya juga sudah menggunakan velg M dengan diameter 18 inchi.

Untuk bodi, koefisien of dragnya diturunkan dari 0,26 cd menjadi 0,23 cd. Mobil ini juga 50 kg lebih enteng dibanding sebelumnya. Menjadikan mobil ini paling aerodinamis yang pernah dibuat.

Mobil ini lebih enteng karena pemakaian material-material dengan teknologi baru. Meskipun demikian, rigiditas dari bodinya justru bertambah 50%. Membuatnya semakin solid dan semakin menyenangkan ketika diajak berkendara.

bmw g20 indonesia

Untuk bagasi tidak ada perubahan yang signifikan dibanding sebelumnya, masih sama 480 L. Jika membutuhkan space lebih, jok bagian belakang bisa dilipat dengan tuas yang ada dibagian atas bagasi.

Interior BMW G20 Indonesia

Untuk bagian dalam kabin, BMW G20 Indonesia sudah memakai bahasa desain paling anyar dari BMW. Jadi ini mirip dengan yang dimiliki BMW X5 dan X7. Pengontrolan yang lebih simple dan lebih modern tampilannya.

Berbagai instrumen sudah digital terbaru BMW. Speedometer dan Tacometer ditampilkan berlawanan arah agar space ditengah dapat memuat informasi lebih banyak.

Pengaturan lampu juga sudah menggunakan tombol semua, bukan lagi tuas putar.

Tombol-tombol pada konsol tengah diletakkan secara rapih dan berkelas. Meskipun sebenarnya masih mirip dengan sebelumnya, tapi desain yang diberikan lebih baru dan segar.

Ada transmisi model joystick dengan bentuk yang baru. Kemudian mode berkendara tersedia untuk sport, comfort, eco pro, dan adaptive.

Pada mode adaptive, mobil bisa menyesuaikan gaya berkendara yang terintegrasi langsung dengan GPS. Jadi ketika anda mau menanjak, GPS secara otomatis akan menyiapkan gigi yang lebih rendah. Sehingga memberikan effort class ketika berada di jalan.

BACA JUGA:

Mercedes Benz W202 Review Dan Tips Membelinya, Baca Disini

Kualitas material kabin tidak perlu diragukan lagi. Motif pada jok begitu sporty, serta material empuk dimana mana.

USB slot juga kini tersedia untuk tipe USB C, namun masih ada satu slot USB yang normal di bagian depan. Sehingga tidak semuanya USB C.

Rem parkir sudah elektrik dengan fitur auto hold.

Posisi duduk pengemudi lebih rendah sedikit, ditambah dengan pengaturan stir yang jauh sekali. Membuatnya semakin tampil sporty.

Adanya sunroof juga membuat suasana kabin terlihat lebih modern, makin terang, dan makin nyaman selama perjalanan.

Dibagian belakang ada AC digital yang bisa diatur suhunya, dan ini terdapat triple zone AC.

Pada sandaran tengah jok belakang sudah dilengkapi dengan 2 cup holder.

Serta sit beltnya berwarna merah, hitam, dan biru yang menjadi ciri khas M sport.

BMW seri 3 juga sudah memiliki fitur apple cardplay di Indonesia.

Fitur dan Teknologi

Ada yang istimewa dari jendelanya, untuk pertama kalinya dan juga satu-satunya di kelasnya. BMW seri 3 ini menggunakan kaca double.

Terdapat dua buah kaca yang disambungkan satu sama lain dan ini dapat memperbaiki peredaman suara dari luar.

Biasanya fitur seperti ini hanya bisa ditemui di sedan premium yang besar. Seperti pada seri kelas 7 atau sekelas Mercy S Class. Tapi ini sudah ada di seri 3, hebat sekali.

Aerodinamika yang sangat baik dari mobil ini salah satunya juga karena penggunaan grill yang adaptive. Grill ini dapat menutup sendiri secara otomatis jika mesin tidak memerlukan pendinginan. Ini berfungsi agar terjadi profil yang lebih smooth untuk angin yang menerpa mobil.

Untuk lampu depan, akhirnya BMW memasukkan laser light ke Indonesia. Ini ditandai dengan adanya list biru pada lampu.

Jadi terlihat berbeda ketika berada di jalan. Lampu ini memiliki sinar penerangan yang sangat jauh ke depan.

BACA JUGA:

BMW F30 320d Review Dan Kisaran Harga, Baca Disini

Kemudian ada juga fitur Reverse Assistant, fitur ini dapat membantu pengemudi jika menemukan jalan buntu dan pengguna diminta untuk mundur. Fitur ini dapat mengingat 50 meter ke belakang dari perjalanan mobil terakhir. Mobil akan mundur secara otomatis tanpa perlu memutar stir.

Kemudian wireless charging juga sekarang sudah menjadi standar dari BMW seri 3.

Ada juga sistem semi otonomos, fitur yang dapat membantu pengendara untuk mengendarai mobil secara komputer. Sayangnya fitur ini belum masuk ke Indonesia  entah karena terlalu mahal atau belum memadainya infrastruktur di Indonesia.

Karakter pengendalian yang baik merupakan ciri khas dari seri 3, apalagi dipadu dengan penggerak roda belakang. Distribusi bobot yang hampir sempurna, handlingnya pun benar-benar diatas rata-rata.

Bantingan pada mobil ini sedikit keras, suspensinya juga lebih keras tapi itu masih masuk toleransi. Kenyamanannya cukup baik dalam meredam getaran dan rasanya untuk seri 3 memang suspensi ini tidak keras. Lebih memberikan pengendalian yang luar biasa dengan kenyamanan yang masih acceptable.

Harga

Untuk harga BMW G20 di Indonesia, sejak peluncuran awal tipe 330i dibanderol dengan harga Rp 1,1 miliar (OTR) pada 2019.

Dengan segala kecanggihan, performa, dan fitur yang kompleks sudah wajar jika mobil ini masih memiliki harga yang tinggi.

Pada 2020 ini, kamu bisa temukan mobil baru maupun bekas mulai dari harga Rp 700 jutaan hingga Rp 1 miliar lebih. Varian harga bisa tergantung dari tipe dan kondisi mobil BMW G20 Indonesia.

 

Akhir penilaian MobilMan.id:

Safety
90%
Price & Features
85%
Practically
75%
Fuel Consumption
70%
Driving
80%
Design
75%
Engine & Trans
85%
Rangkuman Akhir

BMW G20 hadir dengan segala kecanggihan dan keistimewaan yang membuatnya semakin elegan dan modern. Meskipun demikian, nilai sporty dari series 3 tidak ditinggalkan sama sekali.

 

Written by: Anwar

Penulis artikel pertama Mobilman.id yang menyukai dunia otomotif dan hobi membaca hal apapun