Honda City Hatchback RS Review Lengkap, Penerus Jazz RS

Overview Of Car

Honda City Hatchback RS ini adalah pengganti Honda Jazz RS. Namun dimensinya lebih besar, lebih panjang, dan lebih lebar. Apa saja kelebihan dan berapa harga yang dibanderol? Inilah Review Lengkap dari Honda City Hatchback RS

Transmission: Manual / CVT
Release Date: 2 Maret 2021
Model: City
Make: Honda
Fuel Type: Gasoline
Body Style: Hatchback
Max Torque: 145 N.m.
Max Power: 121 PS

Apa yang kami suka

  • Desain eksterior sporty
  • Fitur canggih semakin banyak

Kami tidak suka

  • Bagian depan mirip Civic
  • Desain interior belum memuaskan

Honda City Hatchback RS mengawali segmen Hatchback bagi portfolio pabrikan Honda di Tanah Air. 

Beberapa saat lalu, mobil ini diluncurkan oleh Honda Prospect Motor pada Maret 2021. Di produksi secara CKD di Karawang, Jawa Barat. Dan ini merupakan trim satu-satunya, yaitu trim RS. 

Eksterior Honda City Hatchback RS

Honda City Hatchback RS merupakan versi termewah dan paling agresif untuk kelasnya di Indonesia. 

honda city hatchback rs

Mobil ini tersedia dalam 6 varian warna, diantaranya Rallye Red, Phoenix Orange Pearl, Crystal Black Pearl, Platinum White Pearl, Lunar Silver Metalic, dan varian terbarunya Meteroid Gray Metalic. (sumber: Honda Indonesia)

Pada sisi eksterior bagian depan, mobil ini menerapkan cutting edge desain. Dimana karakternya begitu kuat dan desain lampu terkini. Lampunya sudah Full LED with LED DRL, Foglight, dan Rear Combi Light with LED lights bars.

                        CARI RATUSAN HONDA CITY DIJUAL? KLIK DISINI

Untuk grillenya berwarna hitam, terlihat memanjang menyatu dengan lampu yang ada di sebelah kanan dan kirinya. Ini menunjukan bahasa desain Honda terkini.

Selain itu, kesan sporty juga ditunjukkan pada aksen hitam di spion kanan dan kiri. Lalu pada Shark Fin Antenna, dan 16” Sporty Alloy Wheels dengan balutan ban 185 x 55 ring 16.

honda city hatchback rs

Pada bagian belakang, desain dari lampunya begitu keren. Ini merupakan kombinasi dari LED dan lampu halogen. Untuk lampu sign dan lampu mundurnya masih menggunakan lampu halogen.

honda city hatchback rs

Pada bagian bawahnya terdapat aksen karbon. Untuk menampilkan desain yang sporty dan bumper yang agresif.

Interior Honda City Hatchback RS

Kesan sporty dan agresif juga ditonjolkan pada sisi dalam kabin. Warna hitam mendominasi mulai dari dashboard, plafon, doortrim, hingga karpet. Masing-masing kisi AC nya juga terdapat aksen piano black pada bagian sampingnya

Posisi mengemudinya cukup ergonomis, terdapat pengaturan jok naik dan turunnya. Selain itu juga, pengaturan stir sudah tilt dan telescopic. Stirnya enak sekali di genggam dengan balutan jahitan merah nan sporty.

honda city hatchback rs

Untuk speedometernya sendiri belum digital. Masih mengguakan analog dengan dial dan RPM di sisi kanan dan kiri. 

Pada bagian tengahnya, ada Multi Information Display dengan ukuran kecil yang cukup lengkap memuat informasi mulai dari Average, Trip A, Trip B, dan Range.

Untuk penyimpanannya sendiri lumayan banyak dan lengkap. Ditambah 2 buah cupholder  di tengah dan masing-masing 1 di doortrim.

BACA JUGA:

Mercedes Benz W211 Review Lengkap, Ini Kelemahan Fatalnya

Arm restnya begitu nyaman dengan bahan soft touch. Bagian dashboard bawah juga soft touch namun pada bagian atasnya masih menggunakan panel keras. Desainnya begitu bagus dan rapih. 

Serta joknya memiliki 3 kombinasi yang terdiri dari tiga bahan yaitu fabric, suede, dan lether. Begitu nyaman bermanuver karena ditopang dengan sepasang sayap di kedua sisinya.

Beralih ke bagian kursi penumpang, legroomnya lega sekali meskipun headroomnya tidak begitu lega. Ini berkat dimensi dan wheelbase yang besar membuat kelegaan kursi penumpang sangat positif sekali.

Untuk kapasitas dari bagasi pada mobil ini begitu besar. Kehebatannya adalah mobil ini menggunakan Ultra Seat dengan empat mode pengaturan mulai dari Utility Mode, Long Mode, Tall Mode, dan Refresh Mode.

Pada Utility Mode, kursi bisa dilipat rata lantai dengan ukuran 60x40. Bisa memaksimalkan area kargo untuk membawa barang besar seperti sepeda.

Pada Long Mode, kursi penumpang bagian belakang dan depan bisa dilipat untuk mendapatkan ruang yang lebih panjang.

BACA JUGA:

Hyundai Ioniq Review Indonesia, Mobil Listrik Dibawah Rp 1 Miliar

Selanjutnya ada Tall Mode, dimana bisa untuk membawa barang yang tinggi dengan melipat kursi bagian belakang.

Dan yang terakhir ada Refresh Mode, dimana bisa menyenderkan dua bangku depan dan belakang dengan headrest yang dilepas. Dapat menghasilkan ruang depan yang lebih lapang dan dan cocok untuk beristirahat.

Pada bagian bawah bagasi terdapat ruang penyimpanan mulai dari dongkrak, towing, kunci roda, dan ban serep dengan ukuran full size.

Mesin dan Transmisi Honda City Hatchback RS

Mesin pada mobil ini merupakan mesin baru. Ukurannya 1.500 cc i-VTEC DOHC dengan  4 silinder dengan kode mesin L15ZF. Secara tenaga, mesin ini dibekali dengan tenaga 121 PS dengan torsi 145 Nm.

Meskipun tidak terlalu besar, namun untuk ukuran kelas Hatchback ini lumayan besar di kelasnya. Dan justru lebih mengincar powerband yang lebih baik karena torsi maksimumnya bisa mencapai 4.300 rpm.

Mesin ini disalurkan ke dua roda depan melalui dua pilihan transmisi yaitu otomatis CVT dan manual 6 speed.

Fitur dan Teknologi

Honda City Hatchback RS menghadirkan beberapa fitur canggih, diantaranya Remote Engine Start. Dimana mobil ini sudah mengusung Keyless Entry. 

Jadi mobil bisa dihidupkan dari luar kabin hanya dengan menekan Remote Engine Start. Selain itu, kompresor AC akan ikut menyala pada sistem ini.

Jadi fitur ini berguna sekali apabila cuaca sedang terik panas. Sebelum masuk ke dalam mobil, pengguna bisa mendinginkan kabin terlebih dahulu hanya dengan menekan remote tersebut.

Sebagai informasi, fitur canggih ini biasanya digunakan pada model Honda kelas premium seperti All New Accord, New Honda Civic, dan New Honda CR-V.

Disini juga terdapat fitur entertainment yaitu layar yang terintegrasi dan tidak terlalu menonjol, melainkan mengikuti desain dari dashboard. 

BACA JUGA:

Toyota New Kijang Innova 2020 Review Lengkap Dan Harga

Ukurannya 8 inchi dan sudah dilengkapi dengan Apple CarPlay dan Android Auto. Untuk mendukung tata suara, delapan buah speaker juga turut ditanamkan di sekujur kabin.

Kamera parkir juga sudah ada dengan sistem Multi-Angle Rear View Camera. Dimana terdapat tiga mode dari Wide Mode, Normal Mode, dan Top Mode. 

Ditambah dengan sensor parkir yang terdiri dari empat buah pada sisi belakang. Semakin membantu penguna dalam proses parkir. 

Untuk sistem AC nya sudah menggunakan tampilan digital, namun untuk pengoperasiannya masih dengan kenop putar. Terdiri dari pengaturan fan, blower, dan temperaturnya.

Berlanjut ke sistem keamanan, mobil ini sudah dilengkapi dengan Anti-Lock Braking System (ABS), Electronic Brake Force Distribution (EBD), dan Brake Assist (BA). Juga telah dilengkapi dengan 6 buah Airbags dan Hill Start Assist.

Berbagai fitur kekinian lainnya yang mendukung gaya anak muda juga telah banyak dihadirkan pada mobil ini. 

Seperti One Push Ignition System, Audio Steering Switch, Cruise Control, dan HFT (Hands-Free Telephone) with Voice Recognition. 

Dan khusus untuk versi otomatis CVT terdapat fitur ECON. Untuk berjalan secara ECON, keiritannya bisa diatur sendiri dengan kaki.

Harga

Berdasarkan data yang dikumpulkan oleh Mobilman.id, Honda City Hatchback RS pada peluncurannya dibanderol dengan harga hampir Rp 300 jutaan. Untuk transmisi manual 6 percepatan dibanderol Rp 289.000.000,- dan untuk transmisi otomatis CVT dibanderol Rp 299.000.000,-.

Harga tersebut merupakan harga on the road untuk wilayah Jakarta dan sudah menerapkan skema relaksasi yang ditetapkan pemerintah.

Akhir penilaian MobilMan.id:

Safety
75%
Price & Features
75%
Practically
90%
Fuel Consumption
85%
Driving
70%
Design
70%
Engine & Trans
65%
Rangkuman Akhir

Fitur dan teknologi yang dihadirkan tidak begitu mengecewakan. Ditunjang dengan desain dan tampilan yang begitu agresif dan mengesankan. Meskipun tergolong mahal, namun ini bisa menjadi pilihan bagi anak muda dan keluarga.