imageSticky Rasakan mudahnya Cari Mobil di Aplikasi Mobilman.ID

Hyundai Ioniq Review Indonesia Mobil Listrik Dibawah Rp 1 Miliar

Overview Of Car

Di tahun 2020, Hyundai menghadirkan Hyundai Ioniq. Mobil listrik dengan harga yang jauh lebih terjangkau, dibanderol hanya Rp 600 jutaan. Kira-kira dengan harga segitu, bisa mendapatkan apa saja yah? Inilah Review lengkap dari Hyundai Ioniq.

Transmission: Auto
Release Date: Desember 2018
Model: Ioniq
Make: Hyundai
Fuel Type: Electric
Body Style: Fastback
Max Torque: 295 N.m
Max Power: 134 HP

Apa yang kami suka

  • Desain futuristik
  • Fitur canggih melimpah

Kami tidak suka

  • Harga hampir sama dengan Kona Electric
  • Handling biasa saja

Related Ads

Rp 977.000.000

Hyundai Palisade Signature Matic 2022

KOTA JAKARTA PUSAT, DKI JAKARTA

 20, Sep 2022

Rp 668.000.000

Hyundai Santa Fe 2.4L MPI Matic 2022

KOTA JAKARTA PUSAT, DKI JAKARTA

 20, Sep 2022

Rp 270.900.000

Hyundai Stargazer Trend Matic 2022

KOTA JAKARTA PUSAT, DKI JAKARTA

 20, Sep 2022

Rp 291.300.000

Hyundai Stargazer Style Matic 2022

KOTA JAKARTA PUSAT, DKI JAKARTA

 20, Sep 2022

Rp 302.100.000

Hyundai Stargazer Prime Matic 2022

KOTA JAKARTA PUSAT, DKI JAKARTA

 20, Sep 2022

Rp 45.000.000

Hyundai Avega GX Manual 2007

KOTA BANDUNG, JAWA BARAT

 17, Sep 2022

Rp 291.300.000

Hyundai Stargazer Style Matic 2022

KOTA JAKARTA PUSAT, DKI JAKARTA

 14, Sep 2022

Rp 896.000.000

Hyundai Staria Signature 9 Matic 2022

KOTA JAKARTA PUSAT, DKI JAKARTA

 12, Sep 2022

Rp 977.000.000

Hyundai Palisade Prime Matic 2022

KOTA JAKARTA PUSAT, DKI JAKARTA

 11, Sep 2022

Rp 304.600.000

Hyundai Stargazer Prime Matic 2022

KOTA JAKARTA PUSAT, DKI JAKARTA

 10, Sep 2022

Rp 719.000.000

Hyundai Santa Fe 2.2L CRDi Matic 2022

KOTA JAKARTA PUSAT, DKI JAKARTA

 10, Sep 2022

Rp 62.000.000

Hyundai Avega GX Manual 2012

KOTA TANGERANG, BANTEN

 04, Sep 2022

Rp 75.500.000

Hyundai Grand i10 Manual 2011

KABUPATEN SLEMAN, DI YOGYAKARTA

 03, Sep 2022

Rp 229.999.999

Hyundai H-1 XG Matic 2013

KOTA SURABAYA, JAWA TIMUR

 01, Sep 2022

Rp 204.000.000

Hyundai H-1 XG Matic 2013

KOTA JAKARTA BARAT, DKI JAKARTA

 28, Aug 2022

Rp 199.000.000

Hyundai H-1 XG Matic 2013

KOTA JAKARTA SELATAN, DKI JAKARTA

 18, Aug 2022

Rp 204.000.000

Hyundai H-1 XG Matic 2013

KOTA JAKARTA PUSAT, DKI JAKARTA

 13, Aug 2022

Rp 209.000.000

Hyundai H-1 XG Matic 2013

KOTA JAKARTA SELATAN, DKI JAKARTA

 12, Aug 2022

Rp 290.000.000

Hyundai Tucson XG Matic 2018

KOTA JAKARTA TIMUR, DKI JAKARTA

 11, Aug 2022

Rp 587.000.000

Hyundai IONIQ Signature Matic 2021

KOTA JAKARTA SELATAN, DKI JAKARTA

 09, Aug 2022

Rp 112.000.000

Hyundai Grand Avega SG Matic 2014

KOTA JAKARTA TIMUR, DKI JAKARTA

 31, Jul 2022

Rp 68.000.000

Hyundai Grand i10 GLX Manual 2010

KABUPATEN BOGOR, JAWA BARAT

 26, Jul 2022

Rp 239.000.000

Hyundai Santa Fe 2.4 Matic 2015

KOTA JAKARTA BARAT, DKI JAKARTA

 16, Jul 2022

Rp 229.000.000

Hyundai H-1 XG Matic 2013

KOTA JAKARTA BARAT, DKI JAKARTA

 16, Jul 2022

Rp 232.000.000

Hyundai H-1 XG Matic 2013

KOTA JAKARTA SELATAN, DKI JAKARTA

 11, Jul 2022

Rp 245.000.000

Hyundai Santa Fe 2.4L MPI Matic 2015

KOTA JAKARTA SELATAN, DKI JAKARTA

 11, Jul 2022

Rp 320.000.000

Hyundai H-1 XG Matic 2016

KABUPATEN BOGOR, JAWA BARAT

 09, Jul 2022

Rp 91.000.000

 08, Jul 2022

Rp 35.000.000

Hyundai Accent 1.5 Manual 2005

KABUPATEN PESISIR BARAT, LAMPUNG

 30, Jun 2022

Rp 115.000.000

Hyundai Grand Avega GL Matic 2013

KOTA SURABAYA, JAWA TIMUR

 26, Jun 2022

left right

Hyundai Ioniq memulai debutnya di Korea Selatan pada Januari 2016. Mobil ini termasuk jenis liftback lima pintu ringkas.

Kata Ioniq merupakan gabungan kata dari ion dan unique. Yang artinya adalah mobil listrik yang unik, kira-kira begitu artinya.

hyundai ioniq

Terdapat tiga varian diantaranya versi hybrid, plug-in hybrid, dan full-electric. Di Indonesia, hanya tersedia versi yang top of the linenya yaitu full-electric. (sumber : Wikipedia)

Eksterior Hyundai Ioniq

Secara desain, Hyundai Ioniq ini tidak berusaha untuk terlihat futuristis. Malah terlihat seperti mobil biasa. Tidak begitu mencolok perhatian di jalan.

Velgnya menggunakan ukuran ban 16 inchi dengan ban depan 205/60 R16 dan ban belakang Radial.

hyundai ioniq

Lampu depan dan belakang sudah LED, DRL nya juga sudah terlihat modern. Kemudian seperti mobil listrik lainnya, Hyundai Ioniq juga tidak memiliki grille.

CARI RATUSAN HYUNDAI DIJUAL, KLIK DISINI

Dibagian belakang, terdapat emblem electric. Sebagai pemberitahu bahwa ini merupakan mobil listrik.

Untuk bagasi, kapasitasnya lumayan besar dan lumayan panjang ke dalam. Baterai ditempatkan di bawah bagasi, tidak ada ban serep, dan anda hanya diberikan tire mobility kit.

hyundai ioniq

Kemudian di bagasi ini juga anda akan menemukan satu kotak yang isinya adalah portable charger.

Interior Hyundai Ioniq

Mulai dari bagian penumpang belakang, space yang diberikan tidak begitu luas. Masih terdapat ruang namun tidak begitu lega.

hyundai ioniq

Terdapat arm rest dengan 2 buah cup holder. Setiap sisi kabin dilapisi dengan panel empuk, membuatnya terkesan lebih premium.

Namun sayangnya, tidak ada USB slot atau panel power outlet sama sekali. Hanya ada AC. Dan seluruh kemewahannya itu diletakkan di bagian depan.

Terdapat 5 sumber power sekaligus dibagian depan. Untuk 12 volt socketnya masing-masing ada dua. Dua USB slot di konsol tengah dan dua di laci. Ditambah ada satu lagi yaitu wireless charging.

Bagian depannya terasa futuristis. Meskipun desain dashboard cenderung konvensional tapi instrumennya sudah full digital. Bahkan, corak tampilannya bisa berubah sesuai dengan mode berkendara.

Pada konsol tengah, tidak lagi menggunakan tuas. Melainkan sudah digantikan dengan tombol.

Mode berkendaranya terdiri dari Eco, Eco+, Normal, dan Sport. Pada mode Eco dan Eco+ itu hijau , kalau normal itu biru, dan kalau Sport itu merah.

Penggerak dan Transmisi

Motor listrik pada Hyundai Ioniq menggerakkan dua roda depan. Motor listrik ini bertenaga 134 HP, tapi torsinya yang luar biasa.

Kalau mobil normal dengan tenaga sebesar itu, mungkin hanya bisa menghasilkan torsi 140-150 Nm. Tapi mobil ini mampu menghasilkan torsi 295 Nm. Inilah khasnya dari motor listrik, memiliki torsi yang sangat besar.

BACA JUGA:

BMW E90 320i Review Lengkap Dan Kisaran Harganya

Nah, mesin ini mendapatkan energinya dari baterai sebesar 38,3 kWh. Di klaim, dengan kapasitas sebesar itu mobil ini dapat menempuh jarak di atas 300 km.

Dibalik kap mesin juga ternyata masih ada accu 12 volt. Ini fungsinya sebagai akses soket 12 volt untuk perangkat handphone di dalam kabin. Apabila menggunakan daya baterai, tentu volatasenya begitu besar dan tidak cocok untuk perangkat handphone.

Dan selayaknya mobil listrik, mobil ini juga berakselerasi secara instan. Ketika anda menginjak gas, torsinya memang tidak begitu besar hanya 295 Nm tapi keluar seketika.

Mulai dari 0-100 km/jam mobil ini dapat tuntas dalam 8,7 detik.

Daya dan Konsumsi Baterai

Anda tidak perlu khawatir mengenai baterai, Hyundai memberikan garansi mencapai 8 tahun.

Salah satu yang meyakinkan akan keawetan baterainya itu karena mobil ini menggunakan pendingin.

Jadi ada radiator dan air radiator yang berfungsi tidak hanya mendinginkan motor listriknya tapi juga baterainya. Sehingga baterai lebih terjaga di suhu optimalnya dan lebih awet.

Konsumsi dayanya hanya memakai 9 km/kWh dan itu sangat baik. Apalagi kalau berjalan di jalan tol dengan kecepatan konstan 60-65 km/jam dia bisa diatas 10 km/kWh.

Karena pada saat macet, mesin hanya mengeluarkan energi seperlunya. Mobil ini belum cocok jika digunakan untuk keluar kota. Karena mengingat belum banyak SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum) di banyak rest area.

Tapi kalau digunakan di dalam kota, ini sangat praktis. Hanya perlu di charge di rumah.

Fitur dan Teknologi

Mobil ini sangat senang ketika anda mengurangi kecepatan. Karena mobil ini dilengkapi dengan sistem regenerative braking.

Jadi ketika anda mengangkat pedal gas atau menginjak rem, energi kenetik dari roda itu dipakai untuk memutar generator yang menghasilkan listrik.

Kemudian listrik tersebut disimpan lagi ke baterai untuk menambah daya atau jarak tempuh. Sehingga benar-benar memanfaatkan energi yang biasanya terbuang sia-sia.

Level dari regenerative ini pun bisa disetel melalui paddle shift yang biasa digunakan untuk mengoper transmisi secara manual.

BACA JUGA:

Hyundai Kona Electric Review, Mobil Listrik Harga Terjangkau

Levelnya terdiri dari 0-3. Kalau level regenerativenya ditambah, maka pengereman akan aktif secara maksimal dan membuat regenerative baterai meningkat.

Dan kalau anda sudah terbiasa dengan sistem one pedal only, maka mobil ini juga bisa. 

Kemudian untuk infotainment nya sudah support Android Auto dan Apple CarPlay. 

Pada EV (Engine Vehicle) mode, persentase baterai bisa terlihat dan apa saja yang mengkonsumsi baterai itu.

Pada Drive Range, terdapat informasi untuk setiap pemakaiannya. Mobil ini memiliki data yang lengkap dan akurat terkait mobil ini.

AC sudah digital dengan panel sentuh. Memang, panel sentuh ini tidak mudah digunakan, kalau belum terbiasa. Tidak ada tombol fisiknya dan itu membuatnya semakin futuristis. Sayangnya AC belum dual zone, masih single zone. Tapi memiliki fitur driver only.

BACA JUGA:

Mercedes Benz W211 Review Lengkap, Ini Kelemahan Fatalnya

Jadi kalau hanya digunakan seorang diri, anda bisa memilih driver only. Maka  AC di sebelah kiri akan mati dan itu bisa menghemat daya. Mungkin di mobil lain belum ada fitur semacam itu.

Kemudian di konsol tengah belakang terdapat beberapa tombol lagi. Diantaranya seperti pemanas dan pendingin kursi, tombol kamera, rem parkir elektrik dengan fitur autohold, dan ada juga sensor parkir.

Joknya juga sudah elektrik. Ditambah dengan posisi berkendara yang ergonomis karena stir bisa diatur secara tilt dan telescopic. Cukup jauh range pengaturannya sehingga posisi duduknya enak dengan visibilitas yang luas.

Kekurangan Hyundai Ioniq

Namun ada beberapa hal yang mengganggu di mobil ini. Yang pertama adalah kualitas bantingan dan handling mobil. Ini terasa seperti biasa saja, tidak seperti mobil yang harganya 600 jutaan rupiah. 

Lebih ke arah keras kemudian handlingnya cukup presisi tapi bukan yang sangat sigap. Karena memang mobil ini mahal bukan karena sasis dan suspensinya. Tapi melainkan karena penggerak listrik dan baterainya.

Kemudian kebisingan bannya terasa sekali ke dalam kabin, suaranya terdengar sangat jelas. Jadi tipe ban ini bukan termasuk ban yang hening. 

BACA JUGA:

BMW G20 Indonesia Review Lengkap, Lebih Canggih Dari Sebelumnya

Mungkin perlu ditambahkan peredam suara lagi agar tidak terlalu bising. Agar bisa mendapatkan rasa berkendara yang lebih nyaman.

Satu yang kurang menyenangkan lampu baca yang masih berwarna kuning. Kenapa tidak LED sekalian agar senada dengan lampu depan dan lampu belakangnya.

Mobil ini juga belum dilengkapi dengan adaptive cruise control. Dimana biasanya setiap mobil elektrik sudah menggunakannya.

Serta, mobil ini hanya diberikan portable charger. Model fast charger dijual terpisah dan bisa dibeli lagi dengan kecepatan pengisian daya bisa kurang dari 1 jam.

Harga Hyundai Ioniq

Menurut data yang dihimpun Mobilman.id, sejak peluncurannya pada November 2020, Hyundai Ioniq dibanderol dengan harga Rp 624,8 juta rupiah.

Sebagai mobil listrik, Hyundai Ioniq sudah mendapatkan keringanan pajak dari pemerintah. Tidak ada bea balik nama kendaraan, sehingga PKB (Pajak Kendaraan Bermotor) per tahunnya sangat ringan.

Untuk mobil biasa dengan harga Rp 600 juta mungkin PKB nya bisa mencapai Rp 9-10 juta rupiah. Tapi tidak dengan mobil ini, PKB per tahun Hyundai Ioniq hanya sebesar Rp 3,3 juta.

Akhir penilaian MobilMan.id:

Safety
75%
Price & Features
70%
Practically
80%
Fuel Consumption
90%
Driving
60%
Design
70%
Engine & Trans
75%
Rangkuman Akhir

Tampilan dan performa tidak begitu mengecewakan, sudah sesuai karena ada harga ada rupa. Mobil ini bisa menjadi pilihan bagi kamu yang ingin merasakan teknologi masa depan dengan harga yang tidak gila-gilaan.

 

Written by: Anwar

Penulis artikel pertama Mobilman.id yang menyukai dunia otomotif dan hobi membaca hal apapun