Mercedes Benz W212 Review Lengkap dan Harga Ada Disini

Overview Of Car

Mercedes Benz W212 merupakan generasi keempat dari E-Class sebagai penerus dari W211. Nah, kali ini kami akan mereview lengkap mobil ini, yuk baca sampai habis!

Transmission: Auto
Release Date: Juli 2009
Model: E-Class
Make: Mercedes Benz
Fuel Type: Gasoline / Diesel
Body Style: Sedan
Max Torque: 270 N.m (E200 CGI)
Max Power: 181 HP (E200 CGI)

Apa yang kami suka

  • Eksterior sangat Eksekutif
  • Super nyaman

Kami tidak suka

  • Bagian kelistrikan mulai rawan rusak
  • Handling kalah dari BMW

Mercedes Benz W212 pertama kali dipamerkan pada ajang Geneva Motor Show 2009. Kemudian masuk ke Indonesia pada penghujung di tahun yang sama.

Selanjutnya mengalami facelift pada tahun 2013. Diluncurkan perdana di pergelaran Indonesia International Motor Show (IMSS) 2013.

mercedes benz w212

Mercedes Benz W212 merupakan sedan eksekutif dengan tampilan mewah dan rasa handling yang sporty. Membuat kaum muda begitu menyukai mobil ini. Seri E-Class ini merupakan penengah dari keasyikan berkendara C-Class dan kemewahan S-Class. (Sumber : Wikipedia)

Eksterior Mercedes Benz W212

Pada bagain depan mobil, grille-nya berlapiskan krom dengan bentuk menyerupai V. Lampu mengalami perubahan yang cukup besar. Meninggalkan desain lawas yang berbentuk oval. Kini, menjadi sudut-sudut runcing yang agresif.

Begitu juga dengan foglamp, kini sudah ditunjang lampu LED. Aura dinamis juga semakin bertambah melalui model bumper yang jauh dari kesan kaku. 

CARI RATUSAN MERCEDES BENZ DIJUAL? KLIK LINK DISINI

Pada masa facelift, reinpretasi ciri khas 4 lampu telah disatukan dalam satu mika. Baik lampu utama dan DRL (Day-time Running Light) sudah LED.

mercedes benz w212

Khusus trim Avantgarde, sudah dilengkapi fitur Adaptive High Beam Assist. Lampu jauh dapat digunakan secara terus-menerus tanpa menggangu mobil di depan atau yang berlawanan arah.

Perubahan masa facelift selanjutnya ada pada bagian grille. Pada trim Avantgarde menggunakan grille 2 garis dengan lambang besar Mercy di tengahnya.

Untuk trim Elegance dan Classic tidak ada perubahan. Namun berkelir krom lebih tebal dengan sisinya lebih membulat. 

Pada bagian samping, garis tajam pada area tengah cukup menarik. Ini merupakan hal pertama kali pada E-Class. Semakin membuat tampilan mobil aerodinamis.

mercedes benz w212

Berlanjut ke area belakang, desain Mercedes Benz W212 juga mengalami perubahan. Desain lampu belakang kini dengan bentuk memanjang dari yang sebelumnya berbentuk trapezium.

Kemudian terdapat juga garnish berkelir krom di atas plat nopol. Semakin mendongkrak aura kemewahan dari E-Class ini.

Tidak hanya itu, dibawah bumper juga disisipkan garis berkelir krom memanjang. Dan kini ditunjang dengan knalpot ganda.

Untuk size bagasi, ini cukup luas. Bisa menampung 3-4 koper orang dewasa. Dan di bawah bagasi disediakan spare tire nya.

Interior Mercedes Benz W212

Berlanjut ke dalam kabin, nuansa mewah langsung terasa ketika masuk ke dalam kabin. Desain lekukan pada setiap sisi dan dashboard mengikuti desain luar.

Untuk pilihan warna terdapat beberapa pilihan, tergantung trim. Pada trim elegance, merupakan perpaduan antara warna abu-abu atau cokelat.

mercedes benz w212

Sedangkan pada trim avantgarde, warna hitam pada dashboard dan warna abu-abu pada seluruh jok.

Kedua kursi sudah electric seat. Spion juga sudah elektrik, bisa diatur dari dalam kabin.

Penggunaan material yang baik pada stir membuat pengendara nyaman. Ditambah pengaturannya sudah tilt dan telescopic.

Tidak banyak perubahan yang terjadi pada sisi interior. Model stir multifungsi menjadi 3-spoke yang dibalut oleh nappa leather.

Selain itu redesign kisi AC, penambahan aksen silver di sekitar cluster instrumen, balutan kulit artico untuk dashboard atas, dan pengaplikasian high gloss wood trim.

Untuk bagian belakang, Mercy tetap memperhatikan kenyamanan penumpang. Kabin terasa sangat lega baik untuk space kepala, lutut, dan ruang kaki.

Kemudian terdapat arm rest yang membuatnya semakin nyaman. Di dalam arm rest itu sendiri terdapat dua buah cup holder dan space untuk menyimpan barang.

Yang paling menarik adalah pandangan bagi penumpang belakang. Terlihat sangat luas ditambah dengan panorama pada atap kabin yang transparan.

Mesin Mercedes Benz W212 

Untuk mesinnya, awal peluncuran Mercedes Benz W212 (sedan) terdapat dua pilihan tipe. Diantaranya E250 CGI (Charged Gasoline Injection) dan E300 CDI (Charged Diesel Injection). 

Sedangkan untuk tipe E350 tersedia dalam varian coupe.

Tipe E250 mengandalkan mesin 4 silinder yang dibekali dengan turbocharger. Mesin dapat memompa tenaga maksimum sebesar 201 HP pada 5.500 RPM. Dan torsi puncak 310 Nm pada 2.000 RPM.

Tipe selanjutnya adalah E300. Tipe ini menggunakan mesin turbodiesel dengan kapasitas 3.000 cc V6 24 katup. Tenaga maksimumnya dapat mencapai 228 HP pada 3.800 RPM dan torsi 540 Nm pada 1.600 RPM.

E300 merupakan pilihan ideal untuk jalanan perkotaan. Karena dapat menggapai torsi puncak dalam putaran yang sangat rendah.

Selain itu, perawatan mesin diesel juga tergolong mudah dibanding mesin bensin. Disamping itu, kedua jenis mesin ini telah mengadopsi teknologi BlueEFFICIENCY. Membuat konsumsi bahan bakar dapat diminimalisir.

BACA JUGA:

Hyundai Ioniq Review Indonesia, Mobil Listrik Dibawah Rp 1 Miliar

Sebagai varian top of the line, diisi oleh tipe E400. Satu-satunya konfigurasi V6 dengan kapasitas 3.0 liter. E400 menempati urutan terbesar di kelasnya yang telah disokong twin-turbocharger intercooler.

Output yang dikeluarkan bisa mencapai 328 HP pada putaran 5.500 RPM. Dengan torsi maksimum 480 Nm pada 1.400 hingga 4.000 RPM.

Fitur dan Teknologi

Fitur canggih yang diberikan Mercedes ialah sistem pendinginan Thermotronic Climate Control. Sistem ini dapat mengatur AC menjadi 3 zona. Diantaranya untuk driver, penumpang depan, dan penumpang belakang.

Pada AC nya sendiri, dibekali dengan tiga mode antara lain Diffuse, Medium, dan Focus.

Untuk fitur standar lainnya ialah adanya audio steering control, Multi Information Display, sistem multimedia, jam analog, cruise control, dan sunroof pada beberapa trim tertentu.

BACA JUGA:

Toyota New Fortuner Review Lengkap, Perubahannya Tidak Signifikan

Fitur selanjutnya yang ditambahkan adalah ECO start/stop sebagai penghemat bahan bakar. Attention assist, dan active park assist yang dapat memakirkan mobil secara otomatis.

Terakhir, mobil ini memiliki parking sensor di bagian depan dan belakang, membuat anda terhindar dari tergores ataupun tertabrak mobil lain.

Kelebihan Mercedes Benz W212

Image memiliki W212 merupakan identik dari kemapanan seseorang. Sehingga banyak eksekutif muda yang terpikat untuk memilikinya. Kombinasi aura elegan dan modern juga terpancar baik di luar dan dalam kabin.

Space pada bagian dalam juga sangat luas, membuat perjalanan semakin nyaman bersama keluarga.

E-Class sudah mengadopsi turbocharger di semua varian. Pilihan mesinnya juga cukup beragam. Baik mesin bensin ataupun mesin diesel sudah ramah lingkungan. Karena telah memenuhi standar emisi UE5.

Kelemahan 

Meskipun sudah terlihat begitu sempurna, ternyata terdapat beberapa kelemahan pada W212 ini.

Untuk tampilan facelift yang diluncurkan, ternyata desain baru tersebut bukan selera semua orang.

Kualitas material pada dashboard dan jok juga kurang bagus. Warnanya dapat memudar apabila terkena sinar matahari secara langsung secara terus menerus.

BACA JUGA:

BMW F30 320d Review Dan Kisaran Harga, Baca Disini

Selanjutnya adalah umpan balik stir masih kalah tajam dibandingkan kompetitornya BMW Seri-5.

Harga

Berikut merupakan kisaran harga (dalam Rupiah) dari seluruh varian W212 di tahun 2020 versi Mobilman.id :

Tahun 2009 : 330 juta – 460 juta

Tahun 2010 : 400 juta – 510 juta

Tahun 2011 : 430 juta – 580 juta

Tahun 2012 : 480 juta – 630 juta

Tahun 2013 : 520 juta – 770 juta

Tahun 2014 : 560 juta – 950 juta

Tahun 2015 : 630 juta – 1.05 milyar

Tahun 2016 : 700 juta– 1.15 milyar 

Sedangkan di pasar mobil bekas, image W212 masih kuat hingga sekarang. Maka tak heran jika harga mobil ini masih tinggi.

Untuk tahun 2020, tipe terendah hingga tertingginya masih berada pada kisaran harga diatas 200 jutaan hingga 1 miliar rupiah. Kisaran harga tersebut tergantung dari tipe varian, tahun, dan kondisi Mercedes Benz W212.

Akhir penilaian MobilMan.id:

Safety
90%
Price & Features
70%
Practically
80%
Fuel Consumption
75%
Driving
65%
Design
75%
Engine & Trans
80%
Rangkuman Akhir

Secara keseluruhan, mobil ini sangatlah nyaman. W212 merupakan kombinasi antara kemewahan dan kedinamisan berkendara dalam satu paket. Maka tak heran, jika di pasar mobil bekas mobil ini masih menjadi incaran bagi banyak orang.

 

Written by: Anwar

Penulis artikel pertama Mobilman.id yang menyukai dunia otomotif dan hobi membaca hal apapun