3 Honda Brio Bekas Dijual Di Kota Anda Tahun 2014
Kisaran Hargannya:
Rp. 98.000.000 - Rp. 108.000.000
Kisaran Hargannya: Rp. 98.000.000 - Rp. 108.000.000
Honda Brio 2014 muncul dalam dua versi. Pertama sebagai mobil LCGC yang diberi nama Brio Satya. Kedua yang bukan termasuk LCGC dengan nama hanya Brio saja.
Jika dibandingkan rival-rivalnya, Brio 2014 ...
terlihat simple tanpa ada lekukan-lekukan tajam atau tarikan garis desain yang tegas.Berbeda dengan Agya dan Ayla. Duo Astra hadir dengan fascia yang lebih agresif.
Tampilan tersebut tidak hanya untuk tipe tertinggi mereka, namun semua tipe dengan mesin 1.2cc hadir dengan wajah yang lebih modern.
Namun, bukan berarti tampilan sederhana dari Brio adalah hal yang kurang bagus. Di bagian depan, Brio Satya memiliki wajah kembar dengan Mobilio, hanya berbeda di bumper.
Tarikan desain bagian samping cukup biasa saja, tapi cukup memperlihatkan kesan sporty.
Di bagian belakang, ada lampu rem membulat yang ikonik serta Brio 2014 ini menggunakan pintu belakang kaca yang unik pada zamannya. Brio 2014 ini sudah dilengkapi high mount stop lamp dan wiper.
Masuk ke dalam interor, Anda kembali disuguhkan dengan desain yang simple. Namun, desain tersebut cukup membantu pengemudi mengoperasikan setiap fitur secara maksimal.
Lalu ada tujuh cup holder, empat di pintu baik kiri dan kanan, serta tiga di bagian tengah. Lingkar kemudi sudah dilengkapi audio switch control di sebelah kiri. Di instrument cluster, kali ini lingkaran berwarna putih, karena di generasi sebelumnya berwarna oranye. Di instrument cluster ada speedometer, tachometer, indikator bensin, dan indicator eco driving.
Di bagian pintu pengemudi, tepatnya di bagian arm rest, terdapat pengaturan kaca. Kaca depan sudah full automatic untuk membuka kaca, namun belum untuk menutup kaca.
Untuk Brio Satya tipe E, semua pengaturan kaca sudah power window. Selain itu, ada tombol untuk mengatur arah kaca spion.
Sedangkan untuk Brio Satya tipe S, hanya dua kaca di depan saja, di belakang masih menggunakan model engkol. Sayangnya, kualitas interor Brio Satya sedikit lebih buruk dibanding rival-rivalnya.
Tidak jarang ditemukan ada beberapa plastik interior yang tidak terpasang dengan baik. Atau saat berkendara, beberapa titik interior mengeluarkan suara atau bahkan sampai bergetar. Peredaman kabin juga tidak terlalu baik. Namun ada baiknya, Anda memasang peredam tambahan agar lebih nyaman.
Mesin dan Transmisi Honda brio, baik Brio Satya dan Brio RS sama-sama menggunakan mesin 1.2 L12B i-VTEC.
Transmisi yang tersedia adalah manual 5 percepatan, dan otomatis CVT 4 percepatan. Namun, untuk Brio Satya tipe S, hanya tersedia pilihan transmisi manual saja. Mesin dari Brio ini memiliki tenaga maksimal sebesar 90 hp.
Karakter dari Brio Satya adalah fun to drive namun juga tetap nyaman. Jika dibandingkan mobil lain yang sekelas, bantingan suspensi dari Brio Satya ini yang paling nyaman. Lalu, untuk pengendalian, mobil ini juga cukup mudah untuk diajak bermanuver.
Tenaga yang dihasilkan cukup rata, baik dari RPM bawah hingga menengah. Karena masuk ke dalam skema mobil LCGC, maka Brio Satya dituntut memiliki konsumsi BBM yang hemat.
Honda Brio Satya dapar meraih angka konsumsi BBM sekitar 1:12 hingga 1:16 km/liter dalam kota. Untuk penggunaan tol, bisa meraih lebih dari 1:16 km/liter. Angka tersebut dapat dihasilkan karena penggunaan dari transmisi CVT.
Transmisi ini memang terkenal dapat mengurangi konsumsi bahan bakar berlebih. Dampaknya, CVT dapat mengurangi keasyikan berkendara.
Namun kembali lagi, Brio bukan mobil dengan segmen hot hacth. Semua lini Honda Brio 2014 sudah dilengkapi fitur keamanan, yaitu dual front airbags, ABS + EBD.
Sebelum Membeli Honda Brio Bekas
Jika Anda berniat mencari mobil pertama Anda, maka Brio Satya baik tipe S atau tipe E adalah pilihan yang cocok. Anda tidak perlu khawatir mengenai biaya perbaikan dan ketersediaan suku cadang.
Brio generasi kedua ini juga tergolong sebagai mobil baru. Namun, jika Anda berniat membeli unit bekas, ada baiknya Anda memperhatikan beberapa point berikut.
Kaki-kaki
Tidak menutup kemungkinan, mobil yang akan Anda beli adalah mobil pertama dari pemilik sebelumnya.
Ada baiknya Anda memeriksa bagian kaki-kaki seperti support shock dan bussing arm. Caranya, Anda hanya perlu melakukan test drive. Bawalah mobil tersebut ke jalan yang kurang mulus atau banyak polisi tidur. Anda akan merasakan dengan sendirinya, jika ada getaran yang tidak lazim atau ada bunyi yang asing.
Akan lebih baik lagi, Anda mengajak kenalan bengkel kepercayaan Anda agar dapat menginspeksi mobil saat itu juga.
Mesin
Stigma mobil yang dapat dirawat dengan mudah sudah menempel di mobil Jepang. Kadang kala, unit bekas banyak yang tidak terawat, bahkan untuk hal kecil seperti aki dan oli.
Anda perlu memeriksa, apakah oli mesin, oli transmisi, dan juga aki masih dalam keadaan layak. Khusus untuk tipe automatic CVT, Anda perlu tahu lebih mengenai kondisi oli transmisi atau kapan servis terakhir. CVT perlu perawatan lebih dibanding automatic konvensional. Jadi, ada baiknya Anda periksa transmisi matic mobil tersebut.
Interior dan eksterior
Walaupun masalah interor Brio adalah kekurangan dari pabrik, namun ada baiknya Anda memeriksa bagian ini. Tujuannya, agar Anda mendapatkan unit yang setidaknya tidak memiliki masalah yang berat pada interior.
Begitu juga eksterior. Walaupun baret adalah hal yang wajar, silahkan Anda sisihkan waktu untuk memeriksa bagian ini. Tujuannya, agar Anda dapat menyisihkan budget untuk memperbaiki cat yang terkelupas, atau untuk melakukan polish pada bagian yang baret.
Overall, Honda Brio adalah LCGC paling worth to buy. Anda akan mendapat kenyaman dan juga keasyikan berkendara.
Harga Honda Brio Bekas 2014
Untuk harga Honda Brio bekas di Indonesia pada tahun 2023, cukup bervariasi tergantung kondisinya. Data dari iklan di Mobilman.id Honda Brio harga yang paling mulai dari Rp 80.000.000,- sampai dengan Rp 125.000.000,-
MOBIL BEKAS LAINNYA:
Read More